17 April 2018

5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan

5 Cara Mudah Usir Kulit Kaki Kapalan

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendapati kulit telapak kaki bentol dan berisi cairan bening seperti air di dalamnya? Itu tandanya, kulit kaki sedang terkena kapalan, atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan sebutan callus. Tahukah kamu mengapa kapalan ini bisa terjadi?

Saat berjalan dengan sepatu yang ukurannya lebih kecil, kaki akan mengalami tekanan dan gesekan dengan bagian sepatu secara terus-menerus. Lama-kelamaan, bagian-bagian yang bergesekan tadi akan terasa memerah dan sakit. Rasa perih ini diikuti oleh pengerasan dan penebalan bagian kulit yang mengalami gesekan. Meskipun terasa mengganggu, ternyata kapalan ini memiliki manfaat lho, yaitu mencegah kulit yang terluka ini mengalami lecet lebih parah karena terus bergesekan.

Baca juga: Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

Mengatasi Kulit Kaki Kapalan

Alih-alih menngunakan jarum dan menusuknya, kamu bisa mengatasi kapalan di kulit kaki dengan cara-cara berikut ini:

1. Rendam Kaki di Air Hangat

Cara pertama ini adalah yang termudah dan termurah yang bisa kamu coba di rumah. Cukup panaskan air hingga mencapai suhu ruam kuku, atau sekitar 40 derajat celcius, masukkan kaki dan rendam hingga 20 menit.  Lalu, ambil sebuah batu apung yang halus permukaannya dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena kapalan. Lakukan secara rutin setiap hari agar luka kapalan segera mengempis dan menghilang.

2. Gunakan Baking Soda

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini. Ya, soda kue memang banyak ditemukan pada adonan roti. Namun, ternyata manfaat yang dimilikinya jauh lebih beragam, salah satunya adalah untuk mengobati kapalan. Hampir sama dengan cara pertama, cukup larutkan soda kue di air hangat dan rendam kakimu, lalu gosok dengan batu apung.

3. Mengusap Bagian yang Kapalan dengan Buah Nanas

Siapa sangka, ternyata buah yang memiliki rasa masam ini ternyata banyak digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kapalan. Hal ini disebabkan karena adanya enzim pada buah nanas yang bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyembuhkan luka pada kulit. Kalau kamu menggunakan nanas untuk mengobati kapalan, pilihlah yang masih muda. Iris dan usapkan perlahan pada kulit yang kapalan.

Baca juga: Atasi Kaki Pecah-Pecah dengan Cara Ini

4. Minyak Jarak juga Bisa Jadi Penyembuh Alternatif Kapalan

Tak hanya efektif untuk atasi sembelit, minyak kastroli atau yang lebih akrab disapa minyak jarak juga menjadi solusi penyembuh alami lainnya yang bisa kamu pakai untuk meringankan luka akibat kapalan. Minyak ini bahkan bisa diminum, lho! Nah, untuk penggunaan sebagai obat kapalan, kamu cukup menuangnya pada kapas dan menotolkannya perlahan pada luka. Lalu, tempelkan plester.

5. Dioles dengan Getah Daun Kamboja

Terakhir, coba gunakan getah daun kamboja untuk mengatasi kapalan di kaki kamu. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan vitamin E dan emolien yang baik untuk kulit. Cara menggunakannya mudah kok, cukup ambil daun kamboja yang masih muda dan ambil getahnya. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang kapalan.

Perlu kamu ketahui bahwa bagi penderita diabetes, kapalan yang muncul di kulit tidak boleh disepelekan. Hal ini dikarenakan proses penyembuhannya yang membutuhkan waktu cukup lama apabila luka kapalan ini pecah. Terlebih lagi dengan masalah infeksi yang mudah menyerang pengidap diabetes. Oleh karena itu, berikan perawatan sehati-hati mungkin, ya.

 

Itulah cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kapalan yang mengganggu dari kaki kamu. Agar tidak terjadi lagi, sebaiknya hindari menggunakan sepatu atau sandal yang sempit atau terbuat dari bahan yang akan membuat kaki terluka, ya. Kalau cara di atas belum cukup ampuh, kamu bisa menanyakan alternatif penyembuhan lainnya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa membeli obat langsung dari smartphone. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!