• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bawang Putih Jadi Obat Sakit Gigi, Ini Menurut Medis

Bawang Putih Jadi Obat Sakit Gigi, Ini Menurut Medis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bawang Putih Jadi Obat Sakit Gigi, Ini Menurut Medis

Halodoc, Jakarta - Banyak yang bilang, “lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi”. Pepatah itu mungkin hadir karena sakit gigi memang terasa sangat menyiksa, ya. Jika sudah mengalami sakit gigi, banyak orang yang langsung mencoba berbagai obat sakit gigi untuk meredakan nyerinya. 

Selain obat-obatan medis, banyak obat sakit gigi alami yang dipercaya mampu mengobati sakit gigi. Salah satunya adalah bawang putih. Sayangnya, bawang putih bisa jadi obat sakit gigi hanyalah mitos. Meskipun memiliki kandungan antiinflamasi, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan keampuhannya dalam mengobati sakit gigi. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Sebaiknya ke Dokter saat Sakit Gigi

Sebenarnya, saat mengalami sakit gigi, yang perlu kamu lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter gigi. Sakit gigi memiliki banyak sekali penyebab. Dengan pergi ke dokter gigi, kamu bisa dibantu untuk mengetahui apa penyebab dari sakit gigi dan bagaimana pengobatan yang sesuai. 

Agar lebih mudah, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit. Sebagai perawatan rumahan, selagi menunggu jadwal berobat ke dokter gigi, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba untuk membantu meredakan gejala sakit gigi, yaitu:

1.Kumur Air Garam

Campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Lalu gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa saat dan buang bekas airnya. Larutan air garam efektif mengurangi peradangan akibat infeksi.

2.Kompres Es

Bungkus beberapa bongkah es batu dengan sebuah handuk atau kain yang bersih. Kemudian, tempelkan pada bagian yang terasa sakit selama kurang lebih 15 menit.

Baca juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Harus Segera Periksa Gigi

3.Gunakan Benang Gigi

Terkadang rasa ngilu bisa terjadi karena ada makanan yang tersangkut di gigi yang bolong, atau sela-sela gigi. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan benang gigi untuk mengeluarkan sisa makanan tersebut.

Cegah Sakit Gigi dengan Tips Berikut

Mencegah sakit gigi tentunya lebih baik daripada mengobati. Sebab, jika sudah sakit gigi, gejalanya dapat terasa sangat mengganggu. Belum lagi kamu jadi perlu meluangkan waktu untuk pergi ke dokter gigi. Oleh karena itu, berikut beberapa tips mencegah sakit gigi yang bisa dilakukan:

  • Rutin menyikat gigi. American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menyikat gigi, setidaknya dua kali dalam sehari. Hal ini karena menyikat gigi dapat membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri di dalamnya.
  • Gunakan benang gigi. Penggunaan benang gigi bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Benang gigi dapat membersihkan partikel serta plak yang tertinggal dan masih menumpuk di area atau sela gigi yang sulit dijangkau.
  • Kurangi makanan dan minuman yang dapat merusak gigi. Misalnya, makanan Dan minuman yang panas, dingin, asam, lengket, dan manis berlebih.
  • Rutin periksakan gigi ke dokter. Meski setiap orang mempunyai kondisi gigi dan mulut yang berbeda, disarankan untuk tetap periksa gigi secara rutin, setidaknya setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Begini Cara Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi Si Kecil

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara perawatan rumahan untuk sakit gigi dan tips mencegahnya. Mulai sekarang, terapkan kebiasaan baik seperti merawat dan menjaga kebersihan gigi, agar terhindar dari sakit gigi, ya!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Toothache: First aid.
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Toothache.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Toothache: Causes, Symptoms, Treatment & Prevention.
American Dental Association. Diakses pada 2020. ADA Uses Fluoride Toothpaste to Fight High Cavity Rate in Children.