Begini 4 Cara Cegah Gangguan Pencernaan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini 4 Cara Cegah Gangguan Pencernaan

Halodoc, Jakarta - Gangguan pencernaan merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Pemicunya beragam, mulai dari kebiasaan makan yang buruk seperti tidak cukup mengunyah makanan, makanan saat larut malam, hingga makan sebelum melakukan aktivitas berat. Lantas, adakah cara yang dapat dilakukan agar pencernaan sehat dan terhindar dari berbagai gangguan?

Saat makan, tubuh melepaskan sekitar 22 jenis enzim pencernaan dari kelenjar saliva, lambung, dan usus kecil. Setiap enzim yang bekerja pada suatu jenis makanan, seperti misalnya protease yang memecah protein, amilase yang membantu mencerna karbohidrat, dan lipase yang memecah lemak.

Baca juga: 4 Gangguan Pencernaan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Dengan memecah jenis-jenis makanan tersebut, enzim-enzim pencernaan membantu tubuh mencerna dan menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Pada pria, penuaan dapat menjadi salah satu pemicu gangguan pencernaan. Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh mulai menghasilkan enzim pencernaan lebih rendah, sehingga tidak cukup untuk mencerna makanan.

Cegah Gangguan Pencernaan dengan Cara Ini

Agar terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan menerapkan pola makan tinggi serat, sebenarnya tidak hanya pencernaan yang akan menjadi sehat. Beberapa risiko penyakit pun dapat dicegah, seperti diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, dan kanker kolorektal.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan kembung atau gas, termasuk brokoli, kacang panggang, kubis, kembang kol, dan minuman berkarbonasi. Selain itu, sebaiknya juga minum banyak air, karena dapat melumasi makanan di saluran pencernaan, membantu melarutkan mineral, vitamin, dan nutrisi sehingga lebih mudah diserap, dan supaya tinja lebih lunak untuk mencegah sembelit.

Baca juga: 4 Tanda Masalah Pencernaan yang Diabaikan

2. Kunyah Makanan dengan Baik

Mengunyah merupakan salah satu bagian yang paling penting dari pencernaan, tetapi mungkin justru yang paling terlupakan. Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan, tetapi juga merupakan tanda dari kelenjar ludah, lambung, dan usus kecil untuk mulai melepaskan enzim pencernaan.

3. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Antasida

Ketika gejala maag atau naiknya asam lambung muncul, mengonsumsi antasida mungkin merupakan salah satu langkah yang akan segera diambil. Antasida adalah jenis obat yang digunakan untuk menetralkan kadar asam di lambung.

Pada dosis tertentu, obat ini mungkin dapat mengatasi gejala gangguan pencernaan yang dialami. Namun lain ceritanya jika obat ini digunakan terlalu sering. Jika terlalu sering digunakan, antasida dapat menyebabkan perut kehilangan fungsi dan rentan terhadap infeksi bakteri.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

4. Rutin Berolahraga dan Hindari Stres

Selain membantu mempertahankan gaya hidup sehat, olahraga juga dapat menyehatkan pencernaan, lho. Aktivitas fisik benar-benar dapat membantu mengurangi masalah pencernaan. Sementara stres di sisi lain dapat memiliki efek negatif pada pencernaan. Jadi, sebisa mungkin, rutinlah berolahraga dan hindari stres.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara mencegah gangguan pencernaan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!