• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Melatih Anjing untuk Memberikan Salam

Begini Cara Melatih Anjing untuk Memberikan Salam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Terdapat berbagai alasan bagi banyak orang untuk memelihara seekor anjing. Di antaranya karena sahabat terbaik manusia yang satu ini amat lucu, setia, dan menggemaskan. Namun, terkadang beberapa orang juga merasa kesal karena anjingnya semakin bandel seiring perkembangannya. Apalagi bila anjing kesayangan tidak kunjung mendengar perintah atau patuh kepada pemiliknya.

Sebenarnya, cara melatih anjing untuk patuh memang gampang-gampang susah. Dibutuhkan waktu, kedisiplinan, kasih sayang, dan kesabaran agar hewan ini bertingkah laku seperti yang diinginkan. Dari beragamnya jenis latihan yang bisa kamu ajarkan kepada anjing, cara memberi salam adalah salah satu yang perlu diajarkan sejak dini. 

Nah, cara mengajarkan anjing memberikan salam pada orang lain secara sopan dan halus, coba ajari mereka untuk memberi salam pada dirimu terlebih dahulu. Perlu diingat, cara melatih anjing untuk memberikan salam membutuhkan waktu dan kesabaran, lho.

Pertanyaannya, bagaimana cara melatih anjing untuk memberikan salam? Nah, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

1.“Sit”, Mulai dengan Perintah Sederhana

Pertama, perintahkan anjing kesayanganmu untuk duduk dan diam. Jika anjing masih tidak bisa “diam”, segeralah koreksi perilaku mereka dengan cepat. Agar anjing mengenali perintah “sit” atau “duduk” dengan baik, lakukan perintah ini secara berulang-ulang. Misalnya, saat di rumah atau ketika berjalan-jalan di luar rumah.

2.Beri Reward

Cara yang bisa dilakukan agar anjing mau duduk, yaitu peganglah makanannya dengan tangan dan kemudian gerakkan ke atas melalui kepala anjing. Biarkan anjing mengikuti makanan ini dengan hidungnya hingga kepalanya berputar ke belakang dan punggungnya bergerak ke bawah untuk menggapai. Hingga akhirnya, anjing berada dalam posisi duduk. 

Jika anjing sudah berada dalam posisi duduk dengan baik, atau sudah memahami perintah “sit” dengan baik, berikan mereka reward untuk mengapresiasi tindakannya. Kamu bisa memberikan reward berupa camilan, pujian, atau elusan kasih sayang. 

3.Sit and Stay

Setelah anjing sudah dapat melakukan perintah “sit”, ajari mereka instruksi selanjutnya, yaitu “stay”. Sama halnya dengan mengajari “sit”, segeralah koreksi perilaku mereka bila keliru dengan cepat.

Supaya anjing dapat mengenali dan memahami perintah “stay” dengan baik, lakukan latihan ini secara konsisten. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan mereka reward berupa camilan atau elusan kasih sayang bila sukses melakukan latihan ini. 

Baca juga: Waspadai Masalah Pencernaan pada Anjing di Musim Hujan

4.Latihan di Depan Pintu

Untuk melakukan latihan ini, buatlah anjing bersikat “sit and stay” di depan pintu masuk. Lalu, mintalah bantuan orang lain untuk mengetuk pintu atau memencet bel dari luar. Di kondisi ini, kebanyakan anjing akan berpikir ada tamu yang akan datang. Jika anjing belum dapat bersikap tenang, ulangi latihan ini sampai dirinya bersikap tenang. Singkat kata, jangan buka pintu sampai anjingmu berada di posisinya dengan tenang. 

Jangan terlalu mempedulikan lamanya proses latihan ini berlangsung. Sebab yang lebih penting adalah anjing dapat melewati latihan ini dengan baik dan benar. Jangan pula lupa untuk memberikan reward bila anjing kesayanganmu sudah dapat melakukan latihan ini dengan benar. 

5.Minta Temanmu Mengelus Dirinya

Tahap selanjutnya, mintalah temanmu (yang masuk ke dalam rumah saat proses latihan) untuk mengelus dan berbicara dengan suara yang tenang dan menenangkan. Lalu, berikan waktu kepada anjing peliharaanmu untuk mengendus tamu atau teman yang berada di dalam rumah. Selanjutnya, minta temanmu untuk duduk di tempat yang telah disediakan. 

Baca juga: Ketahui Waktu Terbaik Anjing Jantan di Sterilisasi

6.Jangan Respon Anjing 

Terakhir, beri tahu kepada orang-orang di rumah atau tamu untuk tidak menyentuh, membelai, atau “mengakui” keberadaan anjing, kecuali dia duduk atau berbaring dan dalam keadaan tenang. Setelah anjing sudah tenang, pujilah atau belailah mereka. 

Mau tahu lebih jauh mengenai cara melatih anjing untuk memberikan salam? Atau anjing kesayanganmu memiliki masalah kesehatan? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Wag Labs. Diakses pada 2021. How to Train Your Dog to Greet Visitors Calmly 
DogTime. Diakses pada 2021. How To Teach Your Dog To Greet People Politely At Home
PupLife Inc. Diakses pada 2021. Guests At The Door: Managing Your Dog's Greeting Behavior