• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Jumlah Air Minum yang Dibutuhkan oleh Anjing?

Berapa Jumlah Air Minum yang Dibutuhkan oleh Anjing?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Semua makhluk hidup termasuk juga anjing membutuhkan cairan yang cukup setiap hari agar tetap sehat. Air adalah kebutuhan yang penting agar tubuh tetap terhidrasi dan dapat menjaga metabolisme di dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, penyebaran sel darah merah yang mengandung nutrisi dan oksigen akan terganggu. Maka dari itu, kamu harus tahu air minum yang dibutuhkan anjing per harinya. Berikut ulasannya!

Air Minum yang Dibutuhkan Anjing Dalam Satu Hari

Banyak pemilik anjing yang hanya menaruh air di wadah dan hewan peliharaannya akan minum sesuai dengan kebutuhannya. Seharusnya kamu benar-benar memantau asupan air anjing agar dapat meningkatkan kesehatannya, mencegah penyakit, dan lainnya. Memang, ada anjing yang sudah paham takaran kebutuhan cairan di dalam tubuhnya, sehingga tidak mengonsumsi cairan melebihi atau kurang dari yang dibutuhkan.

Baca juga: Waspada, Ini Makanan yang Berbahaya untuk Anjing

Pada anjing yang mengonsumsi terlalu sedikit air, tubuhnya dapat mengalami dehidrasi, batu ginjal, gagal organ, dan yang paling parah adalah kematian. Namun, mengonsumsi cairan terlalu banyak juga dapat menyebabkan perut kembung, ketidakseimbangan elektrolit, hingga Hiponatermia (kadar garam dalam darah sangat rendah). Hal yang perlu dipahami adalah jika anjing minum terlalu sedikit atau banyak, bisa terjadi disebabkan sebuah penyakit.

Maka dari itu, kamu harus tahu takaran air minum pada anjing yang cukup untuk satu hari. Berikut ini penjelasannya:

Sama seperti memberi makan, konsumsi air minum pada anjing tergantung dari ukurannya. Semakin besar hewan peliharaan, semakin banyak juga air yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Dasarnya, anjing normal membutuhkan 50–60 mililiter air per kilogram berat badannya. Berarti, anjing seberat 20 kilogram membutuhkan 1 liter cairan per harinya. Meski begitu, anjing yang aktif biasanya minum lebih banyak daripada yang dibutuhkan per harinya.

Baca juga: Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

Selain ukuran, ketahui juga beberapa faktor yang dapat memengaruhi konsumsi cairan pada anjing per harinya, seperti:

  • Makanan: Pola makan sehat juga penting layaknya air dan jenis makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi asupan cairan per harinya. Anjing yang lebih banyak mengonsumsi makanan kering akan membutuhkan lebih banyak cairan jika dibandingkan dengan yang mengonsumsi makanan kaleng.
  • Umur: Anak anjing membutuhkan sekitar 1/2 cangkir setiap dua jam dan tentu perlu diawasi dengan benar. Untuk anjing yang lebih tua, dirinya sudah dapat mengontrol asupan cairannya sendiri secara alami.
  • Aktivitas: Jika kamu kerap membawa anjing saat olahraga, pastikan untuk memberikannya asupan cairan lebih banyak. Air minum yang diberikan pada anjing dapat mengganti cairan yang keluar dari tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Setelah olahraga, cobalah untuk memberikan es batu sebagai permulaan, kemudian berikan sedikit air agar tidak mengalami kembung.
  • Cuaca: Saat cuaca sedang panas, pasti anjing membutuhkan air minum yang lebih banyak. Terlebih lagi jika hewan tersebut memiliki bulu yang lebih tebal.

Sekarang kamu sudah tahu tentang kebutuhan air minum pada anjing per harinya. Memang banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut, namun kamu harus tetap memantau seberapa banyak air yang dikonsumsi oleh anjing. Selain itu, memberikan takaran yang pas sangat penting untuk menghindari segala gangguan yang dapat terjadi akibat kekurangan atau kelebihan cairan.

Baca juga: Cara Tepat Memberikan House Training pada Anjing

Jika kamu ingin memastikan kesehatan dari hewan peliharaanmu, dokter hewan dari Halodoc siap membantu kapanpun dan di manapun. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan dalam akses kesehatan, bukan hanya untuk manusia, tetapi juga untuk hewan peliharaan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Dogster. Diakses pada 2020. How Much Water Should a Dog Drink a Day?
Petnet. Diakses pada 2020. How Much Water does a Dog Need?