• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengontrol Darah pada Pengidap Diabetes

Begini Cara Mengontrol Darah pada Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Begini Cara Mengontrol Darah pada Pengidap Diabetes

“Diabetes termasuk dalam penyakit gangguan metabolisme yang memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh menjadi terlalu tinggi. Namun, tidak usah khawatir, dengan rutin menjalani pengobatan sembari menerapkan gaya hidup sehat, gula darah bisa dikontrol dengan baik.”

Halodoc, Jakarta – Mengontrol kadar gula darah tetap stabil menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh para pengidap diabetes. Jika tidak, alih-alih membaik, diabetes justru berkembang semakin parah menjadi penyakit kronis diabetes melitus. Diabetes menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Langkah penanganan dilakukan untuk meminimalisir gejala yang muncul.

Mengontrol gula darah dalam tubuh menjadi salah satu langkah wajib. Pasalnya, naiknya gula darah dapat memicu berbagai komplikasi berbahaya dalam jangka panjang, termasuk kehilangan nyawa. Lantas, apa yang harus dilakukan para pengidap untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil? Kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: Tetap Sehat, Begini Makan Enak untuk Pengidap Diabetes

1. Perhatikan Porsi Makan

Langkah mengontrol gula darah yang pertama dapat dilakukan dengan memperhatikan porsi makan. Berikut ini beberapa langkah mengontrol porsi makan yang tepat bagi pengidap diabetes:

  • Sebaiknya makan dalam porsi kecil, tetapi sering.
  • Sebaiknya hindari makan “all you can eat” di restoran.
  • Sebaiknya baca terlebih dulu label makanan dalam kemasan sebelum memutuskan untuk membelinya.
  • Sebaiknya makan secara perlahan agar makanan mudah dicerna.

2. Konsumsi Makanan yang Disarankan

Selain memperhatikan porsi makan, kamu juga perlu mengonsumsi sejumlah makanan sehat guna mengontrol gula darah. Hal tersebut dikarenakan, asupan makanan sangat memengaruhi kadar gula tubuh secara langsung. Pengidap perlu menghindari beberapa jenis makanan berikut ini:

  • Hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi.
  • Hindari makanan tinggi kalori dan lemak.
  • Hindari makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat.
  • Hindari makanan olahan, instan, dan cepat saji.

Setelah mampu menghindari beberapa jenis makanan yang dipantang, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Langkah kedua ini menjadi salah satu cara efektif mengontrol gula darah pengidap diabetes. Intinya, pengidap diabetes wajib mengonsumsi makan sehat secara teratur. Jika tidak, maka gula darah akan menurun dan melonjak saat waktu makan tiba.

Baca juga: Sakit Gigi pada Pengidap Diabetes, Kapan Sebaiknya ke Dokter Gigi?

3. Mengelola Stres dengan Baik

Stres berlebihan menjadi salah satu penyebab naiknya gula darah dalam tubuh akibat pelepasan hormon kortisol. Bukan hanya gula darah saja yang meningkat, seorang yang terkena stres cenderung ingin mengonsumsi makanan manis secara berlebihan. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu mencari langkah mengelola stres dengan baik. Berikut ini beberapa langkah yang disarankan:

  • Tarik napas dalam sebanyak 5 kali.
  • Setel musik atau film yang kamu sukai.
  • Lakukan peregangan.
  • Cerita dengan orang yang dipercaya terkait dengan masalah yang kamu alami.

4. Aktif Bergerak

Aktif bergerak menjadi langkah mengontrol gula darah selanjutnya. Aktif bergerak dapat membantu sel-sel di otot mengambil lebih banyak glukosa dan mengubahnya menjadi energi. Proses tersebut yang mampu menurunkan gula darah dalam tubuh. Jika langkah yang satu ini dilakukan secara rutin, sel-sel tubuh perlahan lebih responsif terhadap hormon insulin, sehingga mencegah resistensi insulin pada pengidap diabetes.

5. Cek Gula Darah secara Berkala

Memeriksa kadar gula darah dalam tubuh menjadi cara efektif mengontrol gula darah. Jika hasilnya tinggi, kamu dapat langsung melakukan langkah untuk mengatasinya. Memantau perubahan kadar gula darah akan memudahkan proses pengobatan dan penyesuaian pola makan pada pengidap diabetes. Langkah yang satu ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari.

Baca juga: Kebiasaan Sarapan Bisa Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan para pengidap diabetes untuk mengontrol gula darah dalam tubuhnya. Jika kamu mengalami kendala dalam penerapannya, silahkan diskusikan hal tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk penanganan lebih lanjut, ya.

Referensi:
CDC. Diakses pada 2021. Manage Blood Sugar.
Healthline. Diakses pada 2021. 15 Easy Ways to Lower Blood Sugar Levels Naturally.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Diabetes management: How lifestyle, daily routine affect blood sugar.