31 December 2017

Begini Cara Merawat Payudara Bagi Ibu Hamil atau Menyusui

Begini Cara Merawat Payudara Bagi Ibu Hamil atau Menyusui

Halodoc, Jakarta – Ketika sedang hamil atau menyusui, terkadang ada saja ibu yang mengalami masalah pada payudaranya. Untuk ibu hamil, biasanya merasakan ketidaknyamanan pada payudara, seperti payudara terasa nyeri, geli, bengkak, sensitif jika disentuh, dan mulai terlihat membesar. Sementara bagi  ibu menyusui, masalah yang dihadapi adalah mencari posisi menyusui yang nyaman dan benar, puting nyeri atau merekah, penyumbatan saluran susu, pembengkakan payudara, maupun infeksi payudara. Tentunya saat kamu sedang hamil maupun menyusui, kamu harus tetap menjaga kesehatan payudara. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat payudara saat hamil maupun menyusui.

Perawatan Payudara Saat Hamil

Pada kehamilan trimester pertama, payudara akan mulai membengkak dan menjadi lebih padat. Sementara untuk trimester selanjutnya, payudara akan terasa membesar dan berat. Agar kamu bisa merasa nyaman, kamu bisa mengikuti tips perawatan payudara saat hamil ini.  

  • Cara merawat payudara yang perlu diperhatikan yakni hindari mencuci area sekitar puting menggunakan sabun, karena hal ini bisa membuat kulit di area tersebut kering. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan air hangat.
  • Hindari mandi dengan air panas, bila payudaramu gatal. Untuk mengatasinya kamu bisa mengoleskan pelembap pada payudara yang gatal setelah mandi saat kulit masih terasa lembap.
  • Saat hamil juga sebaiknya kamu menggunakan bra berbahan katun dan yang memiliki kemampuan menyokong punggung dan sisi samping badan secara optimal pada siang hari. Sementara pada malam hari, sebaiknya gunakan bra khusus tidur yang ringan dan lembut agar tidur terasa nyaman.

Perawatan Payudara Saat Menyusui

Merawat payudara selama periode menyusui bermanfaat untuk mencegah dan mengelola risiko kemungkinan adanya masalah payudara. Tentunya bila payudara dirawat dengan baik, momen menyusui menjadi lebih menyenangkan bagi ibu maupun si buah hati. Berikut adalah beberapa langkah merawat payudara yang bisa dilakukan.

  • Salah satu cara untuk memperlancar saluran susu adalah dengan memijat payudara secara lembut bila ada benjolan akibat saluran susu yang tersumbat. Karena bila tidak dipijat, benjolan tersebut bisa menimbulkan rasa sakit pada ibu. Selain itu, jangan pula memakai bra yang terlalu ketat, bra berkawat, atau baju atasan yang ketat.
  • Harap waspadai jika payudara kamu berwarna kemerahan, perih, gatal, bengkak, bahkan hingga puting bernanah yang disertai dengan ibu sering merasa lemah, dan mengidap flu. Karena gejala-gejala tersebut mengindikasikan kamu mengidap penyakit mastitis yang merupakan infeksi payudara akibat adanya saluran susu yang tersumbat. Bila sudah begitu, sebaiknya tanyakan kondisi diri ke dokter untuk diberikan penanganan yang tepat.
  • Bila payudara membengkak karena terlalu penuh akibat melewati jadwal menyusui, payudara bisa dikompres dingin. Kompres dingin dipakai bila payudara bengkak dan nyeri. Pembengkakan payudara bisa berakibat si kecil kesulitan untuk menyusui.

Baik kondisi hamil maupun menyusui, sebaiknya selalu rawat payudara kamu, ya. Jangan ragu untuk langsung bicara dengan dokter apabila kamu merasa ada yang aneh atau ada yang berbeda dengan kondisi payudara kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter ahli yang terpercaya. Hubungi dokter Halodoc melalui chat, voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa belanja produk kesehatan yang kamu butuhkan dengan Halodoc di menu Pharmacy Delivery yang sampai hanya dalam waktu 1 jam. Yuk, download Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play.

BACA JUGA: 5 Makanan yang Dibutuhkan Payudara Sehat