• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara yang Tepat Melatih Anak Anjing Golden Retriever

Begini Cara yang Tepat Melatih Anak Anjing Golden Retriever

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Begini Cara yang Tepat Melatih Anak Anjing Golden Retriever

Halodoc, Jakarta - Golden Retrievers merupakan jenis anjing yang memiliki sifat menyenangkan manusia. Bukan itu saja, anjing jenis ini memiliki motivasi tinggi untuk belajar, mendengarkan, dan patuh. Hal ini tentu akan memudahkan pemiliknya untuk melatih. Jika mengetahui hal-hal yang disukai oleh pemiliknya, mereka akan terus melakukannya.

Apalagi jika mendapatkan pujian, elusan, dan snack sebagai reward. Hal tersebut tentunya menjadi motivasi untuk melakukan hal-hal yang pemilik sukai dengan lebih baik. Lantas, bagaimana cara melatih anak anjing Golden Retriever agar menjadi anjing yang patuh, jinak, dan menyenangkan? Sebagai pemilik hewan ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: Uniknya 7 Jenis Kucing Persilangan Hutan dan Domestik Ini

  • Memberi Makanan Berkualitas

Pastikan jika makanan anjing yang dipilih memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Guna memenuhi asupan nutrisi harian, kamu bisa memilih makanan yang mengandung daging dan tidak mengandung biji-bijian. Saat makanan anjing dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya, tumbuh kembang akan berjalan dengan lancar, sehingga instruksi dan proses latihan dapat dengan mudah diserap dengan baik.

  • Berikan Snack yang Menyehatkan

Memberikan snack menjadi melatih anak anjing Golden Retriever agar memiliki karakter yang penurut. Namun perlu kamu ketahui, jangan terlalu banyak memberikan snack pada anjing karena dapat memicu kelebihan berat badan. Beberapa snack sehat yang bisa diberikan adalah ubi rebus, blueberries, atau baby carrot.

  • Ajak Anjing Berolahraga

Golden Retrievers merupakan jenis anjing aktif dan sangat berenergi. Anjing jenis ini membutuhkan olahraga setiap hari. Untuk mengajaknya berolahraga, kamu bisa mengajaknya berjalan-jalan selama 20–30 menit, sebanyak 2 kali sehari. Perlu kamu ketahui jika anak anjing membutuhkan waktu beraktivitas yang lebih banyak ketimbang anjing dewasa.

Baca juga: Seberapa Sering Gigi Anjing Peliharaan Harus Disikat?

  • Bermain Tangkap Menangkap

Bermain tangkap menangkan menjadi salah satu cara melatih anak anjing Golden Retriever. Cara melakukannya dapat dilakukan dengan melemparkan bola tenis atau Frisbees. Pastikan melakukan permainan ini area yang aman dan tidak ada hewan lain yang menarik perhatiannya, seperti burung atau hewan lainnya.

  • Mengajak Anjing Berenang

Golden Retrievers merupakan salah satu jenis anjing yang pandai berenang. Nah, kegiatan yang satu ini bisa dijadikan momen untuk melatih anak anjing Golden Retriever, supaya ia menjadi anjing yang penurut. Jika ingin melakukan kegiatan yang satu ini, pastikan untuk membawa anak anjing ke kolam renang khusus anjing, ya.

  • Mengajarkan Perintah Dasar

Cara melatih anak anjing Golden Retriever selanjutnya dapat dilakukan dengan mengajarkan beberapa perintah dasar. Jika dilakukan secara teratur, maka hal ini dapat menstimulasi otak dan memperkuat ikatan batin dengan hewan peliharaan. Beberapa perintah dasar yang bisa dilakukan adalah duduk, berdiam, berbaring, serta menggonggong. Jika ia mematuhinya, jangan lupa untuk memberikan belaian, pujian, atau snack.

Baca juga: Ini Penjelasan tentang Ras Kucing Kampung

Itulah sejumlah cara melatih anak anjing Golden Retriever agar ia patuh dan menjadi anak bulu yang penurut. Jika hewan peliharaanmu mengalami masalah kesehatan, silahkan diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Akc.org. Diakses pada 2021. Golden Retriever Puppy Training Timeline: From 8 Weeks to 2 Years.
Be.chewy.com. Diakses pada 2021. 10 Tips for Training Your Golden Retriever.