• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Air Beras Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit?

Benarkah Air Beras Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Benarkah Air Beras Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit?

Menurut studi yang dilakukan oleh Department of Toxicology di Vrije Universiteit Brussel di Belgia, air beras dapat membantu menyembuhkan peradangan kulit. Sebab air beras mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan senyawa fenolik yang membantu meremajakan kulit. Air beras yang digunakan untuk perawatan kulit ada beberapa jenis, yaitu air beras yang direbus, difermentasi, atau direndam begitu saja.“

Halodoc, Jakarta – Air beras terutama air yang tersisa setelah memasak nasi dipercaya dapat membuat rambut lebih kuat dan indah. Air beras telah digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit sejak lama di Jepang. 

Air beras diyakini dapat menenangkan dan mengencangkan kulit, serta memperbaiki kondisi kulit yang rusak. Menurut studi yang dilakukan oleh Department of Toxicology di Vrije Universiteit Brussel di Belgia, disebutkan kondisi kulit seperti peradangan, ruam, dan dermatitis dapat ditangani dengan mandi air beras dua kali sehari. 

Mencerahkan sampai Mengobati Jerawat

Air beras mengandung pati alami yang tinggi sehingga dapat mengobati gangguan kesehatan kulit kronis termasuk jerawat. Simak selengkapnya di sini manfaat air beras untuk kesehatan kulit.

Baca juga: 6 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

Air beras dapat digunakan untuk mencerahkan kulit atau mengurangi bercak-bercak hitam. Faktanya, banyak produk kecantikan termasuk sabun, toner, dan krim yang mengandung air beras.

Sebuah studi tahun 2013 menunjukkan air beras yang difermentasi dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Air beras yang difermentasi dapat meningkatkan kolagen di kulit, yang membuat kulit kenyal dan membantu mencegah kerutan. Selain itu air beras yang sudah difermentasi memiliki sifat tabir surya alami, sehingga dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Studi lain juga menunjukkan air beras yang difermentasi kaya akan antioksidan.

2. Perawatan untuk Kulit Kering

Air beras diketahui dapat membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh sodium laurel sulfate (SLS). SLS adalah bahan yang sering ditemukan di banyak produk perawatan kulit. Menggunakan air beras dua kali sehari dapat melembapkan kulit yang telah kering dan rusak oleh SLS.

3. Perawatan untuk Kondisi Eksim.

Mengoleskan air beras ke wajah dapat menenangkan kulit, menghilangkan noda yang disebabkan oleh kondisi kulit seperti eksim, dan membantu proses penyembuhannya. 

Baca juga: 5 Manfaat Tersembunyi Air Beras untuk Kesehatan

4. Perlindungan Kulit Akibat Paparan Matahari 

Bahan alami yang terkandung dalam beras telah terbukti membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Air beras adalah tabir surya alami, melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV. Selain itu, air beras juga bisa digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari. Oleskan saja pada kulit yang rusak akibat sinar matahari, dan itu akan membantu kulit pulih lebih cepat, serta membantu mengencangkan pori-pori yang terbuka.

5. Antipenuaan

Air beras dapat meningkatkan elastisitas tekstur kulit yang hilang karena dehidrasi. Air beras kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, flavonoid, dan senyawa fenolik. Selain itu, air beras juga mengandung asam ferulic dan allantoin yang diperlukan untuk fungsi kulit. 

6. Meratakan Warna Kulit

Manfaat air beras lainnya adalah mencerahkan warna kulit yang tidak rata. Kamu dapat mencelupkan bola kapas ke dalam air beras yang difermentasi, lalu memijatkannya ke seluruh wajah. Air beras bekerja sangat efektif menyembuhkan bintik-bintik wajah karena paparan sinar matahari serta kondisi hiperpigmentasi.

Cara Memanfaatkan Air Beras untuk Kulit

Ada beberapa cara menyiapkan air beras untuk kesehatan kulit, berikut tiga cara yang biasa digunakan:

Baca juga: Bukan Beras Putih, Ini 5 Jenis Beras Terbaik dan Manfaatnya

1. Air beras mendidih

Bilas beras secara menyeluruh dan keringkan. Gunakan sekitar empat kali lebih banyak air daripada beras. Aduk beras dan air bersama-sama dan didihkan. Ambil sendok dan tekan beras untuk melepaskan bahan natural yang bermanfaat. Saring beras dengan saringan, dan dinginkan air dalam wadah kedap udara hingga seminggu. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

2. Merendam air beras

Kamu juga bisa membuat air beras dengan merendam beras dalam air. Ikuti proses yang sama seperti di atas. Biarkan beras direndam dalam air setidaknya selama 30 menit sebelum menekan beras, dan menyaringnya melalui saringan. 

3. Air beras fermentasi

Untuk membuat air beras fermentasi, gunakan proses yang sama untuk merendam beras. Kemudian, saring beras dan biarkan dalam stoples pada suhu kamar selama satu atau dua hari. Saat wadah mulai berbau asam, masukkan ke dalam lemari es. Encerkan dengan air biasa sebelum digunakan.

Itulah informasi mengenai penggunaan air beras untuk kesehatan kulit. Kalau kamu butuh membeli obat jerawat, bisa dilakukan di Halodoc ya!

Referensi:
Femina.in. Diakses pada 2021. The benefits of rice water for hair and skin
Times of India. Diakses pada 2021. Don’t throw that rice water away, use it like this!
Healthline. Diakses pada 2021. Does Washing Your Face with Rice Water Help Your Skin?