• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Tersembunyi Air Beras untuk Kesehatan

5 Manfaat Tersembunyi Air Beras untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Manfaat Tersembunyi Air Beras untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Tidak sedikit orang yang menganggap air cucian beras adalah air yang penuh dengan kotoran, bakteri, dan kuman. Tidak heran, karena memang air ini membawa segala kotoran yang ada pada beras sebelum dimasak. Namun, ternyata air cucian beras memiliki berbagai manfaat tersembunyi. Tidak hanya untuk kecantikan kulit, air beras juga baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, beberapa orang mengonsumsi air cucian beras ini, lho!

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat air beras untuk kesehatan tubuh? Berikut beberapa di antaranya:

Mengatasi Sembelit

Kamu susah buang air besar? Pasti mengganggu, ya, karena sembelit membuat perut menjadi penuh dan terasa begah. Namun, tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi air cucian beras. Ternyata, air beras juga kaya akan serat yang membantu mengatasi masalah sembelit atau sulit buang air besar, terutama air cucian beras merah.

Adanya bakteri baik pada air ini juga efektif untuk menjaga kesehatan usus kamu, lho. Jadi, kamu yang sering kali mengalami sembelit dianjurkan untuk mengonsumsi air beras ini setiap pagi hari supaya pencernaan kamu menjadi lebih lancar.

Baca juga: 6 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Mengatasi Diare

Siapa sangka, air cucian beras ternyata juga menjadi salah satu obat yang cukup ampuh untuk mengatasi diare, terutama di India. Sebuah studi yang telah dipublikasikan di jurnal Lancet mengungkapkan bahwa air beras mampu berperan sebagai zat yang menggantikan elektrolit saat seseorang terkena diare. Ini disebabkan karena kandungan pati pada air beras yang mudah dicerna oleh tubuh dengan mengenali struktur penyusunnya.

Mengatasi Dehidrasi

Kekurangan cairan memang membahayakan, terlebih bagi penderita penyakit tifus, flu, atau demam berdarah. Saat terserang penyakit ini, kamu diharuskan minum banyak air mineral untuk menggantikan ion tubuh yang hilang. Selain dengan minum air putih, kamu bisa mengatasi dehidrasi dengan mengonsumsi air beras. Pakar kesehatan mengatakan bahwa mineral dan zat besi yang terkandung pada air beras lebih banyak dibandingkan dengan air putih.

Penambah Energi

Kurang istirahat menjadikan tubuh lemas dan tidak bertenaga. Nah, coba kamu konsumsi air beras, karena kandungan karbohidrat pada air cucian beras bisa memenuhi asupan energi tubuh. Mengonsumsi air beras pada pagi hari akan membuat tubuh kamu menjadi lebih bertenaga dan lebih segar. Tidak hanya itu, air beras yang kaya kandungan alami tanpa zat kimia berbahaya juga aman dikonsumsi setiap hari.

Baca juga: 4 Manfaat Ubi untuk Paru-Paru Sehat

Penetral Suhu Tubuh

Ketika sedang demam, suhu tubuh kamu pasti akan mengalami peningkatan. Biasanya, kamu akan mengompres dahi atau minum banyak air supaya mudah berkeringat. Tidak melulu dengan air mineral, kamu bisa menetralkan suhu tubuh dengan minum air beras, terlebih pada pagi hari. Dengan begitu, demam pun akan cepat pergi dan tubuh kamu akan segera sehat kembali.

 

Itu dari lima manfaat air beras untuk kesehatan tubuh yang masih belum banyak diketahui. Ternyata, di balik kotornya air beras, tersimpan banyak manfaat yang menunjang kesehatan tubuh kamu. Kalau kamu ingin menanyakan berbagai masalah kesehatan, langsung klik aplikasi Halodoc dan pilih layanan Tanya Dokter. Ada banyak dokter berpengalaman yang akan membantu kamu mendapatkan jawaban dari semua pertanyaanmu.

Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan kamu untuk melakukan pembelian obat dan vitamin, lho. Pasalnya, kamu tidak perlu harus pergi ke apotek, cukup pilih layanan Apotek Antar, dan semua pesanan kamu akan tiba di tempat dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga!