• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Bunga Telang Efektif Atasi Rambut Rontok?

Benarkah Bunga Telang Efektif Atasi Rambut Rontok?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benarkah Bunga Telang Efektif Atasi Rambut Rontok?

Bunga telang mengandung vitamin C yang meningkatkan produksi kolagen. Kolagen tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga memiliki peran penting untuk kesehatan rambut. Beberapa penelitian ilmiah telah menemukan fungsi kolagen mencegah kerusakan pada folikel rambut, mencegah penipisan rambut, memperlambat proses beruban, dan mendukung kesehatan rambut lebih kuat.”

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang kerap mengalami rambut rontok dan sudah mencoba berbagai hal, kamu bisa mencoba menggunakan bunga telang. Kandungan polifenol yang terdapat pada bunga telang baik untuk kesehatan rambut. 

Selain polifenol, bunga telang juga menjadi sumber antioksidan yang sangat baik, salah satunya antosianin yang merupakan antioksidan kuat untuk pemulihan kolagen. Selain itu, kandungan flavonoid dan fenolik juga cukup signifikan pada bunga telang yang pada akhirnya bisa mengatasi rambut rontok. Informasi selengkapnya baca di sini!

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Rambut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bunga telang dapat mengatasi rambut rontok. Hal ini erat kaitannya dengan antioksidan yang memiliki berperan dalam mencegah stres oksidatif pada sel yang dapat berpengaruh pada kekuatan rambut. 

Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Kerontokan rambut bisa terjadi karena beberapa alasan salah satunya stres. Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi atau mencegah kerontokan rambut. Bila dikonsumsi secara teratur bunga telang juga mampu mengurangi gejala depresi yang bisa menjadi salah satu faktor kerontokan rambut.

Berikut ini manfaat lain bunga telang untuk kesehatan rambut:

1. Membentengi Folikel Rambut 

Tidak hanya antioksidan, bunga telang juga mengandung mineral tertentu yang baik untuk membentengi folikel rambut. Folikel rambut dibentuk oleh mineral, seperti potasium dan mangan. 

Manfaat kesehatan dari kalium dan mangan untuk rambut adalah mengoptimalkan fungsi folikel rambut untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan pada saat yang sama mencegah kerontokan rambut.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen

Bunga telang juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga memiliki peran penting untuk kesehatan rambut.

Beberapa penelitian ilmiah telah menemukan fungsi kolagen mencegah kerusakan pada folikel rambut, mencegah penipisan rambut, memperlambat proses beruban dan mendukung kesehatan rambut lebih kuat. 

Baca juga: Begini Transplantasi Rambut untuk Atasi Kebotakan

3. Kesehatan Kulit Kepala

Kesehatan rambut juga  erat kaitannya dengan kesehatan kulit kepala. Satu hal penting yang mudah dilupakan kebanyakan orang adalah fakta bahwa kulit kepala sebenarnya adalah bagian dari kulit secara umum. Sehingga ketika antioksidan, vitamin dan mineral bekerja menjaga kesehatan kulit, ini termasuk kesehatan kulit kepala.

Anti inflamasi yang terdapat pada bunga telang adalah flavonoid. Senyawa ini juga dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat bertindak sebagai anti-inflamasi juga. Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah peradangan di kulit kepala yang dapat menyebabkan beberapa masalah rambut.

4. Melawan Masalah Jamur dan Bakteri

Beberapa agen mikroba dapat menyebabkan masalah serius pada kulit kepala dan rambut. Nah, bunga telang mengandung beberapa senyawa aktif yang bertindak sebagai agen antimikroba yang efektif dalam memerangi beberapa masalah rambut dan kulit kepala yang disebabkan oleh ragi, bakteri, atau jamur.

Baca juga: Ketombe Parah Bikin Kulit Kepala Kena Dermatitis Seboroik

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berbicara soal kerontokan rambut juga dipengaruhi oleh sirkulasi darah. Memiliki sirkulasi darah yang sehat dapat menjamin kesehatan kulit kepala dan rambut. Kandungan mineral yang terdapat pada bunga telang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah dengan mengoptimalkan produksi sel darah merah untuk memastikan oksigen dan nutrisi terdistribusi secara optimal.

Lantas, bagaimana cara menggunakan bunga telang untuk mengatasi rambut rontok? Selain dijadikan teh, kamu bisa menggunakan bunga telang sebagai bagian dari perawatan rambut.

Pertama-tama kamu harus merendam bunga telang di dalam air, yang kemudian dicampurkan dengan rosemary. Diamkan sampai air berwarna biru gelap lalu simpan di kulkas. Kamu bisa mengaplikasikan kombinasi ini ke rambut yang sudah dikeramas sebelumnya dan diamkan selama 30 menit. 

Melakukan perawatan rutin dinilai mampu mengatasi rambut rontok. Namun, apabila kamu mengalami kerontokan rambut yang tidak wajar dan terjadi dalam waktu yang lama, segera periksakan diri ke rumah sakit pilihan untuk mendapatkan penanganan yang tepat melalui. Kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc, sehingga lebih praktis dan tidak perlu antre.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
DrHealthBenefits.com. Diakses pada 2021. Benefits of Butterfly Pea Flowers for Hair Health
Native Essentials. Diakses pada 2021. Butterfly Pea – a pretty blue flower for ageless skin and beautiful