• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Durian Mengandung Kolesterol Tinggi?

Benarkah Durian Mengandung Kolesterol Tinggi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Durian adalah buah yang padat energi, jadi jika kamu harus mengelola berat badan, mengidap diabetes, kamu disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sheena Smith, naturopath dan ahli gizi klinis dari Integrated Medicine Institute, mengatakan pengidap diabetes tidak boleh terlalu sering makan durian karena buahnya dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah serta gangguan kesehatan lain.

Durian bebas kolesterol serta tidak mengandung lemak jenuh berbahaya yang biasanya ditemukan dalam daging merah dan produk susu. Faktanya, durian mengandung kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi, yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol "jahat". LDL inilah yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Fakta dan Mitos Durian Terhadap Kesehatan

Selain itu, durian mengandung sejumlah nutrisi, seperti potasium, tembaga, besi, magnesium, asam folat, vitamin C, dan vitamin B, seperti niasin, riboflavin, dan tiamin. Ini juga merupakan sumber serat makanan yang sangat baik terutama buat yang mengidap sembelit.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Durian yang Perlu Diketahui

Namun, karena tergolong buah “panas”, durian tidak disarankan dikonsumsi saat demam. Soalnya buah ini dapat meningkatkan suhu tubuh. Sebenarnya mengonsumsi durian adalah perkara moderasi alias jangan berlebihan. Apa sajakah fakta dan mitos seputar durian?

  1. Durian dapat Menyebabkan Penambahan Berat Badan

Dengan rata-rata 1 kilogram durian yang memiliki kalori mendekati 1.350 kalori, makan satu durian dapat mencapai 68 persen dari 2.000 kalori harian yang direkomendasikan untuk rata-rata orang dewasa. Satu biji durian (sekitar 40 gram) memiliki 54 kalori.

  1. Durian Kaya akan Nutrisi

Tadi sudah disinggung sebelumnya kalau durian secara alami kaya akan kalium, serat makanan, zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Dengan demikian, buah ini sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, melancarkan buang air besar, dan kesehatan kulit. Selain itu, mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh serta meningkatkan pembentukan sel darah merah.

  1. Pengidap Diabetes harus Membatasi Asupan Durian 

Nah, di balik aneka khasiat dan nutrisinya, durian mengandung kadar gula yang tinggi. Durian mengandung gula sederhana; sukrosa, fruktosa, dan glukosa.

  1. Durian adalah Mood Booster 

Oleh karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, durian dapat membantu mengisi kembali tingkat energi yang rendah dengan cepat (pada individu yang sehat). Kandungan kalium yang tinggi dari buah ini juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan menghilangkan stres serta kecemasan mental.

  1. Manggis harus Dimakan dengan Durian untuk Mengurangi Sensasi Panasnya? 

Belum ada penelitian ilmiah yang mendukung hal ini. Kebiasaan makan durian dan manggis bersama mungkin berasal dari kenyataan bahwa dua buah dipanen pada waktu yang bersamaan atau bisa juga kebiasaan dari wilayah-wilayah tertentu.

Baca juga: Lakukan 4 Pantangan Agar Asam Urat Tidak Kambuh

  1. Makan Durian dan Minum Bir Sekaligus Dapat Membunuh?

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Kombinasi ini lebih cenderung menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ketidaknyamanan karena hati harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alkohol. Apalagi jika kamu telah mengonsumsi keduanya dalam jumlah berlebihan.

  1. Makan Durian bisa Meningkatkan Libido

Panasnya durian dapat menyebabkan suhu tubuh naik, tetapi ini tidak lantas menjadikan durian sebagai buah afrodisiak. 

Informasi kesehatan lainnya, bisa ditanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Referensi:
South China Morning Post. Diakses pada 2020. Durians pack a nutritional punch, but they are fattening.
Health XChange.org. Diakses pada 2020. Durians: 8 Myths and Facts About the King of Fruits.