Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Aturan Makan Durian yang Sehat Biar Tetap Sehat

Halodoc, Jakarta – Durian memiliki aroma yang kuat dan rasa yang khas. Banyak orang yang sangat menyukai buah ini, tetapi ada pula yang memilih untuk menjauhi buah durian. Ada banyak alasan seseorang menghindari buah ini, mulai dari aromanya yang menyengat, hingga kandungan gizi serta efek samping yang disebut bisa muncul akibat konsumsi durian secara berlebihan

Sebenarnya, durian tidak berbeda jauh dengan buah pada umumnya. Meski tergolong buah yang tinggi kalori, tetapi durian juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, misalnya vitamin C, vitamin B6, kalium, serta tiamin. Konsumsi durian bisa membantu meningkatkan energi, kekuatan otot, menunjang kesehatan kulit, serta melancarkan sistem pencernaan. Meski begitu, buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Durian yang Perlu Diketahui

Dampak Buruk Konsumsi Durian Secara Berlebihan 

Dalam satu buah durian, terdapat kandungan protein yang disebut bermanfaat untuk orang dengan sindrom iritasi usus. Selain itu, kandungan kalium dalam buah ini bisa membantu mengatasi stres, masalah kecemasan, serta mengurangi kelelahan tubuh. Meski begitu, berlebihan dalam mengonsumsi buah durian bisa menyebabkan dampak yang berbahaya untuk tubuh.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk mengetahui takaran atau aturan dalam mengonsumsi buah durian. Agar terhindar dari efek samping durian, hindari mengonsumsi lebih dari 35 gram buah atau daging durian dalam satu kali makan. Takaran ini setara dengan dua biji durian, bukan dua buah. Mengatur takaran konsumsi durian juga bisa membantu menghindari kenaikan berat badan karena buah ini banyak mengandung lemak dan karbohidrat tinggi. 

Baca juga: Durian Ampuh untuk Atasi Hipotensi, Benarkah?

Tak hanya itu, buah durian juga diketahui memiliki kandungan alkohol dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah. Kandungan alkohol dalam buah durian sebenarnya tidak terlalu berdampak, karena bersifat ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Meski begitu, bukan berarti buah durian boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi dengan benar dan secukupnya, sebenarnya buah durian bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk tubuh. 

Selain memperhatikan takarannya, kamu juga disarankan untuk memperhatikan “penampilan” dan rasa durian yang dikonsumsi. Umumnya, orang akan memilih durian yang terlalu matang dan memiliki rasa manis. Hal itu tidak terlalu dianjurkan, sebab karbohidrat yang ada di dalamnya akan berfermentasi menjadi alkohol yang kemudian bisa membahayakan kesehatan. Sebagai gantinya, pilihlah durian yang tidak terlalu matang. 

Agar tetap sehat dan menghindari efek berbahaya, pilihlah durian yang masih mengkal alias setengah matang. Kamu bisa mengenalinya dari daging buah durian yang masih agak keras. Namun tetap saja, sebaiknya makan durian tidak dilakukan terlalu sering dan berlebihan. Ada beberapa dampak kesehatan yang bisa muncul akibat konsumsi durian berlebih. 

Ini karena mengandung indeks glikemik yang tinggi, konsumsi buah durian secara berlebih bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Hal ini sama sekali tidak baik dan bisa memicu gangguan kesehatan. Selain itu, berlebihan dalam mengonsumsi buah berduri ini juga bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan dan meningkatkan berat badan karena banyak mengandung lemak dan karbohidrat. 

Baca juga: Takut diabetes? Ini 5 Bahan Pengganti Gula

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!