Benarkah Tumbuh Gigi Bisa Sebabkan Demam pada Anak?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
benarkah-tumbuh-gigi-bisa-sebabkan-demam-pada-anak-halodoc

Halodoc, Jakarta – Senyum Si Kecil pasti akan terlihat semakin menggemaskan ketika gigi-gigi kecil mulai tumbuh di dalam mulutnya. Perlu ibu ketahui, masa pertumbuhan gigi pada setiap anak berbeda-beda, namun biasanya pertumbuhan gigi anak pertama kali dimulai di usia sekitar 4 bulan sampai 1 tahun. Tapi, bisa juga terjadi lebih cepat atau lebih lama dari rentang waktu tersebut.

Meskipun waktu pertumbuhan gigi anak berbeda-beda, namun kebanyakan anak menunjukkan gejala yang hampir sama saat sedang mengalami tumbuh gigi. Masa pertumbuhan gigi ini seringkali ditandai dengan sejumlah gejala yang akan membuat anak merasa tidak nyaman. Itulah sebabnya anak yang sedang tumbuh gigi akan lebih rewel dari biasanya. Bahkan katanya, tumbuh gigi bisa menyebabkan anak demam. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu tanda-tanda anak sedang tumbuh gigi di sini, agar ibu bisa memberi penanganan yang tepat.

Baca juga: Usia Ideal Anak Pergi ke Dokter Gigi

Perlu ibu ketahui bahwa demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Jadi, ketika anak demam, sebisa mungkin cari tahu dulu penyebabnya. Nyatanya, pertumbuhan gigi memang bisa menyebabkan anak demam. Demam merupakan efek samping yang muncul karena gusi Si Kecil mengalami peradangan saat giginya sedang bertumbuh. Tapi ibu enggak perlu khawatir, karena demam yang disebabkan oleh peradangan gusi pada anak yang sedang tumbuh gigi biasanya tidak begitu tinggi. Kondisi ini pun bisa ditangani dengan mudah dengan melakukan perawatan mandiri di rumah. Namun, bila demam Si Kecil mencapai 38 derajat Celcius ke atas, ibu sebaiknya segera memeriksakan anak ke dokter, karena berarti penyebabnya bukanlah tumbuh gigi.

Berikut beberapa hal yang bisa ibu lakukan untuk meredakan demam anak saat sedang tumbuh gigi:

1. Buatlah Anak Merasa Lebih Nyaman

Saat anak demam, tidak sedikit orangtua yang mengubah suhu kamar anak menjadi lebih dingin agar ia tidak kepanasan. Namun, ini sebenarnya adalah cara yang keliru dan sama sekali tidak membantu menurunkan panas anak. Si Kecil malah mungkin akan merasa tidak nyaman karena suhu udara yang dingin. Karena itu, tetaplah menjaga suhu kamar anak di antara 18-21 derajat Celcius.

Untuk membuat anak nyaman, ibu bisa memandikannya atau mengelap badannya dengan air hangat. Pijat juga badannya secara lembut saat memandikannya. Cara ini lebih efektif dalam membuat anak nyaman ketimbang menurunkan suhu kamar menjadi lebih dingin.

Baca juga: Tumbuh Gigi Bikin Rewel? Atasi Dengan Cara Ini

2. Berikan Obat Penurun Panas

Jangan panik bila Si Kecil demam. Pasalnya, rasa panik bisa saja membuat ibu melakukan hal keliru, yaitu memberikan anak obat penurun panas seperti aspirin. Padahal obat tersebut hanya khusus untuk orang dewasa dan tidak dikonsumsi oleh anak yang masih kecil. Obat demam untuk anak-anak ada jenisnya sendiri. Karena itu, tanyakanlah pada dokter tentang obat dan dosis yang tepat untuk diberikan kepada anak yang demam karena sedang tumbuh gigi.

Ibu juga bisa bertanya pada dokter tentang obat anak dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah, ibu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran kesehatan soal penyakit anak kapan saja dan di mana saja.

3. Berikan ASI

Saat anak demam, tetap susui ia seperti biasa. Hal ini karena ASI mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga bisa membantu meredakan demam anak dengan cepat.

Baca juga: Mulai Tumbuh Gigi, Ini Makanan Sehat Sehat Padat Pilihan untuk Si Kecil

Itulah penjelasan mengapa tumbuh gigi bisa sebabkan demam pada anak dan cara-cara untuk mengatasinya. Jadi, jangan lupa download Halodoc sekarang juga, ya bu, di App Store dan Google Play.