30 May 2018

5 Tanda Anak Demam Harus Dibawa ke Dokter

5 Tanda Anak Demam Harus Dibawa ke Dokter

Halodoc, Jakarta - Demam adalah gejala yang sangat umum dialami oleh anak-anak. Dan dapat dikatakan bahwa demam adalah respon pertahanan tubuh yang tidak berbahaya. Demam memiliki manfaat untuk mengatasi kuman yang masuk ke dalam tubuh anak sehingga pada demam yang ringan, disarankan tidak langsung memberi obat.

Penanganan demam yang lebih diutamakan adalah pemberian minum lebih banyak untuk mencegah dehidrasi. Kemudian ibu bisa mengompres anak dengan air hangat, dan menjaga anak tetap nyaman dengan suhu lingkungan sekitar yang sejuk.

Kapan ibu bisa memberikan obat demam pada anak?

Menurut dokter anak, tanda anak demam untuk diberi obat penurun panas adalah jika suhu tubuh anak di atas 38,5 derajat celcius atau jika anak rewel, gelisah, dan tidak nyaman. Obat pilihan pertama yang dapat diberikan adalah paracetamol. Obat jenis ini dapat diberikan dengan dosis yang dianjurkan. Selain untuk menurunkan suhu tubuh, paracetamol juga dapat meredakan nyeri sehingga anak lebih nyaman dan tenang. Namun demikian, paracetamol tidak dianjurkan pada bayi di bawah usia 2 bulan karena efek samping pada hati.

Kapan anak yang demam perlu dibawa ke dokter?

Tanda anak demam harus dibawa ke dokter adalah ketika ibu melihat adanya tanda “bahaya” pada demam yang dialami Si Kecil. Beberapa tanda bahayanya, yaitu:

  • Apabila anak mengalami kejang harus segera dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat.
  • Sulit dibangunkan atau kesadaran menurun, anak terlihat sulit dibangunkan, kurang aktif, cenderung selalu mengantuk, atau bahkan tidak bergerak saat diberikan stimulus.
  • Sangat rewel, menangis terus-menerus, atau tidak dapat ditenangkan. Bisa jadi ini adalah tanda bahwa anak menderita penyakit yang lebih berat.
  • Mual, muntah, tidak mau minum atau menyusui. Jika timbul gejala ini, maka anak dapat mengalami dehidrasi. Segera bawa ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.
  • Mimisan, gusi berdarah, muntah hitam atau berdarah, bab hitam atau berdarah, atau bintik perdarahan pada kulit. Gejala ini mengarah pada demam berdarah dengue.
  • Pada bayi, jika suhu demam terjadi lebih dari 40 derajat celcius.
  • Pada anak-anak jika demam terjadi lebih dari 72 jam.
  • Muncul bercak ungu kebiruan pada kulit Si Kecil.

Nah, kalau ingin tahu lebih banyak tentang tanda anak demam yang butuh penanganan serius, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!