• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benjolan di Ketiak, Kapan Harus ke Dokter?

Benjolan di Ketiak, Kapan Harus ke Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Benjolan di Ketiak, Kapan Harus ke Dokter?

“Benjolan di ketiak bisa muncul karena faktor yang tidak berbahaya, atau sebaliknya menjadi tanda kondisi yang harus diwaspadai. Sebab, ada beberapa faktor penyebab kondisi ini, termasuk kanker. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika benjolan yang muncul dicurigai sebagai kanker atau kondisi yang berbahaya.”

Halodoc, Jakarta – Benjolan di ketiak mungkin mengganggu dan membuat tidak nyaman. Apalagi jika benjolan yang muncul berukuran cukup besar. Namun, kondisi ini sebenarnya umum terjadi dan akan mereda bahkan bisa hilang dalam beberapa waktu. Benjolan bisa muncul pada siapa saja, baik pria maupun wanita.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya benjolan di ketiak. Umumnya, benjolan ini muncul pada saat datang bulan, atau saat mengidap penyakit tertentu. Seiring berjalannya waktu dan setelah kesehatan pulih, biasanya benjolan di ketiak juga akan mereda bahkan hilang. Lantas, apa saja sebenarnya penyebab muncul benjolan di ketiak? Kapan kondisi ini harus diwaspadai?

Baca juga: Ini 7 Ciri Benjolan Lipoma

Beragam Penyebab Benjolan di Ketiak

Benjolan bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penggunaan deodoran, salah dalam menggunakan pisau cukur, infeksi bakteri, kista, atau iritasi. Benjolan yang muncul juga bisa menjadi tanda skin tag, yaitu benjolan semacam kutil yang muncul di permukaan kulit akibat gesekan antar kulit. Jika disebabkan oleh hal ini, benjolan sama sekali tidak berbahaya dan tidak perlu penanganan khusus.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab atau faktor pemicu munculnya benjolan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui cara penanganan yang tepat dan menurunkan risiko komplikasi. Sebab, ada kemungkinan benjolan yang muncul merupakan tanda penyakit berbahaya sehingga harus segera mendapatkan penanganan medis.

Pergi ke Dokter Jika…

Benjolan bisa menjadi tanda bahaya, terutama jika benjolan terasa sakit dan tidak kunjung hilang. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika benjolan semakin parah, terasa nyeri, membesar, tidak kunjung mengecil, serta muncul gejala lain. Bisa jadi benjolan di ketiak merupakan penyebab dari kondisi yang serius, seperti:

  • Infeksi Virus.
  • Fibroadenoma, yaitu pertumbuhan jaringan fibrosa yang abnormal. Namun tidak bersifat kanker.
  • Kanker Payudara.
  • Kanker Sistem Getah Bening (Limfoma).
  • Kanker Darah pada Sumsum Tulang (Leukemia).

Untuk mengetahui penyebab munculnya benjolan, disarankan melakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan penyebab munculnya benjolan di ketiak. Pemeriksaan diawali dengan pertanyaan seputar perubahan serta gejala yang dialami. Kemudian dokter akan memeriksa benjolan dengan cara memutar dan menekan lembut.

Baca juga: 3 Kondisi yang Bisa Sebabkan Benjolan di Leher

Jika dibutuhkan, dokter mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah cek darah lengkap, mammografi untuk melihat bentuk benjolan, tes alergi, serta biopsi untuk mengambil sampel jaringan. Setelah mengetahui penyebabnya, dokter akan merekomendasikan beberapa cara pengobatan untuk mengatasi penyebab munculnya benjolan.

Jika benjolan yang muncul ternyata adalah tanda kanker, perlu dilakukan penanganan medis segera. Kondisi ini biasanya ditangani dengan operasi, kemoterapi, serta terapi radiasi. Maka dari itu, jika muncul benjolan tidak wajar di ketiak yang disertai dengan gejala lain, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Dengan begitu, penanganan yang tepat bisa diberikan segera.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Benjolan di Mata Akibat Kalazion

Jika ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakan seputar benjolan di bagian tubuh pada dokter. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan informasi seputar kesehatan dari ahlinya. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:  
Healthline. Diakses pada 2021. Armpit Lump.
NHS UK. Diakses pada 2021. Lumps.
Medlineplus. Diakses pada 2021. Armpit lump.