Biar Kenyang Lebih Lama, Konsumsi 6 Jenis Sayur Ini Saat Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
biar-kenyang-lebih-lama-konsumsi-6-jenis-sayur-ini-saat-sahur-halodoc

Halodoc, Jakarta – Banyak orang mengaku salah satu hal terberat dari berpuasa adalah menahan lapar. Tidak makan sama sekali selama 14 jam memang tidak mudah. Apalagi untuk bekerja dan berpikir, kamu membutuhkan banyak energi yang didapat dari asupan makanan.

Namun, ada satu tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa berpuasa selama satu bulan penuh tanpa bolong, yaitu konsumsi sayur yang kaya akan serat saat sahur. Ini karena sayur yang berserat tinggi bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Yuk, cari tahu jenis sayur apa saja yang cocok disantap saat sahur.

Kamu dianjurkan untuk perbanyak sayur pada menu sahur dan berbuka puasa, sebab serat alami yang dimiliki sayur bisa memberi rasa kenyang lebih lama. ini karena serat menahan laju kecepatan cerna gula. Dengan begitu, mengonsumsi sayur mungkin akan membuat kamu terbebas dari rasa lapar serta memiliki fokus yang lebih tajam selama menjalankan puasa.

Selain itu, sayur juga bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik dan mencegah bau mulut. Sekitar 70–80 persen kandungan sayuran adalah air. Karena itu, sayuran juga bisa mendinginkan suhu tubuh yang meningkat akibat udara panas.

1. Mentimun

Mentimun yang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan air bermanfaat untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik selama berpuasa, sehingga kamu bisa terhindar dari bau mulut, dan tubuh pun terasa lebih adem. Selain itu, mentimun juga kaya akan kandungan vitamin B dan C, kalsium, dan asam kafeat yang bisa menghaluskan kulit.

2. Tomat

Kandungan likopen yang terdapat di dalam tomat sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke dan kanker. Selain itu, tomat juga bisa membantu kamu agar terhindar dari konstipasi selama berpuasa dan membuat organ hati tetap berfungsi dengan optimal. Dengan menyantap tomat saat sahur, tubuh kamu pun akan tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

3. Kubis

Secangkir kubis mentah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin K harian kamu, lho. Kubis merah juga memiliki kandungan antiradang. Sedangkan kubis ungu atau merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak daripada kubis hijau.

4. Daun Selada

Daun selada adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi, sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Daunnya yang mengandung banyak air pun juga bisa memenuhi kebutuhan cairan yang kamu perlukan selama berpuasa.

5. Wortel

Tahukah kamu bahwa wortel sebenarnya mengandung banyak air, lho. Sayuran yang berwarna oranye ini juga merupakan sumber beta karoten yang tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tapi juga bisa membantu mengurangi risiko kanker dan berperan untuk membangun gigi lebih kuat.

Baca juga: Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel

6. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu superfood, karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap dan bersifat anti-kanker. Secangkir brokoli rebus mengandung 5,1 gram serat yang sudah tentu cukup untuk membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, brokoli juga berkhasiat mengurangi alergi dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin D harian kamu.

Itulah beberapa jenis sayuran yang sangat baik dikonsumsi saat sahur. Kamu dianjurkan untuk memasukkan sayuran ke dalam menu harian kamu setidaknya 2–3 kali per minggunya. Bila tidak suka mengonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan, kamu bisa memasukkan sayuran-sayuran di atas ke dalam sandwich, sup, atau omelete kamu.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

Bila kamu ingin tahu nutrisi penting lainnya yang perlu dipenuhi selama bulan puasa, tanyakan saja ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.