08 June 2018

5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Bagi wanita, menjaga dan merawat kulit agar tetap cantik sudah menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Meski begitu, menggunakan berbagai produk kosmetik kerap menjadi pilihan praktis. Padahal, masih banyak bahan alami yang bisa membuat kulit bercahaya dan tampak selalu awet muda.

Salah satunya adalah tomat. Buah berbentuk bulat berwarna merah oranye ini memang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Siapa sangka, buah yang sehari-harinya banyak diolah menjadi bahan makanan, jus, serta salad ini ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut beberapa manfaat tomat untuk kecantikan:

Mengatasi Kulit Berminyak

Salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh pria maupun wanita adalah kulit berminyak. Kulit lengket dan terlihat mengilap pasti akan mengganggu penampilan, bukan? Nah, kamu bisa mengatasinya dengan buah tomat. Caranya, campurkan jus tomat dan mentimun, dinginkan sebentar, lalu usapkan ke seluruh wajah seperti saat kamu memakai masker.

Meredakan Jerawat yang Membandel

Tak hanya kulit berminyak, jerawat juga menjadi masalah kulit serius yang kerap hadir, terlebih di usia remaja. Rasanya ingin sekali menghilangkannya dengan memencetnya. Namun, cara ini justru akan meninggalkan bekas kehitaman pada wajahmu, terlebih kalau tangan kamu dalam keadaan kotor.

Sebagai gantinya, coba ambillah sebuah tomat dingin dan iris menjadi dua bagian. Lalu, usapkan pada kulit muka kamu yang berjerawat dengan arah melingkar. Diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum kamu membilasnya dengan air. Kandungan vitamin A dan C pada buah satu ini disinyalir mampu mengurangi munculnya jerawat sekaligus meredakan jerawat yang sudah meradang pada kulit.

(Baca juga: 6 Tips Perawatan Kulit di Malam Hari)

Membersihkan dan Melembapkan Kulit

Manfaat buah tomat untuk kecantikan lainnya adalah untuk membersihkan dan melembapkan kulit. Selain mencampurkannya dengan mentimun, kamu bisa menggunakan alpukat sebagai campuran saat membuat masker wajah. Meski begitu, buah ini juga mengandung zat asam yang bisa menimbulkan reaksi panas dan terbakar pada kulit, terlebih kulit sensitif. Jadi, sebaiknya kamu coba oleskan sedikit dulu sebelum mengaplikasikan seluruhnya.

Membantu Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit lebar akan memudahkan masuknya kuman dan bakteri yang menimbulkan berbagai masalah, seperti misalnya jerawat. Namun, kamu bisa mengecilkannya hanya dengan mencampurkan jus tomat dengan dua tetes air perasan lemon. Usapkan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas menggunakan air dingin.

Membantu Menunda Proses Penuaan Dini pada Kulit

Munculnya kerutan dan garis-garis halus pada kulit akan membuat muka kamu tampak menua. Ya, masalah penuaan dini memang dicap sebagai momok bagi wanita. Siapa sih yang ingin memiliki kerutan di usia yang masih tergolong muda?

Jangan khawatir, kamu bisa menyamarkannya hanya dengan menggunakan buah tomat. Buatlah jus tomat dan tambahkan sedikit tepung hingga teksturnya menjadi kenyal seperti pasta. Selanjutnya, tuangkan minyak zaitun secukupnya. Oleskan pada seluruh wajah dan biarkan mengering, setelah itu, bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin agar tanda-tanda penuaan dini pada kulit segera menghilang.

(Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit)

Itu tadi lima manfaat tomat untuk kecantikan kulit, terutama kulit muka. Kamu tak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli berbagai macam produk kecantikan. Masih banyak bahan alami yang bisa kamu pakai untuk membuat kulit mukamu jauh dari kesan kusam, jerawat, dan minyak.

Kalau kamu masih membutuhkan tips lainnya seputar kecantikan kulit, kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli lewat aplikasi Halodoc. Semua keluhan kamu tentang kesehatan dan kecantikan akan langsung terjawab melalui fitur live chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!