27 March 2018

5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bosan dengan menu harian yang itu-itu saja? Kamu bisa mengombinasikan berbagai makanan untuk membuat menu harian kamu jadi lebih variatif. Menurut para pakar, ada berbagai makanan yang bisa kamu kombinasikan dan membuat nilai gizinya makin bertambah. Nah, berikut makanan untuk meningkatkan kesehatan yang dikenal sebagai superfood.

  1. Brokoli dan tomat

Menurut studi dalam Journal of Affective Disorders, orang yang mengonsumsi tomat dua sampai enam kali seminggu, risiko terserang depresi turun hingga 46 persen, bila dibandingkan dengan mereka yang hanya memakannya kurang dari sekali seminggu. Sedangkan brokoli masuk ke dalam makanan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa studi mengatakan, vitamin B6 dan folat yang terkandung dalam brokoli bisa memberi tubuh perlindungan dari penyakit jantung dan stroke. Menurut ahli dari AS dalam buku The O2 Diet, brokoli terbukti mampu mengurangi risiko kanker payudara, ovarium, usus besar, hingga payudara.

Melansir Health, ketika keduanya dikombinasikan, menu tersebut memiliki beberapa kekuatan untuk melawan kanker. Para ahli menemukan,  diet yang mengandung tomat dan brokoli sebesar 10 persen, dapat menurunkan 52 persen risiko terjangkit tumor.

  1. Tomat dan Minyak Zaitun

Minyak “ajaib” ini mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus menurunkan kolesterol buruk (LDL) yang dapat menyumbat arteri. Nah, jika minyak zaitun dikombinasikan dengan tomat, keduanya memiliki manfaat yang sangat bagi tubuh. Misalnya, zaitun dapat meningkatkan antioksidan lycopene dalam tomat yang bermanfaat untuk mencegah gangguan saraf, mencegah kanker, memperbaiki ketidaksuburan pria, dan mencegah penyakit jantung.

  1. Cokelat Hitam dan Apel

Menurut ahli, cokelat hitam kaya akan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan sebagai benteng pertahanan untuk manangkal radikal bebas dalam tubuh. Nah, jika tubuh bebas dari radikal bebas, sistem imun pun akan meningkat. Alhasil, tubuh bisa terlindungi dari berbagai penyakit, terutama penyakit kanker. Seperti dilansir Health, gabungan antara cokelat hitam dan apel punya potensi untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Flavonoid enggak cuma terkandung dalam cokelat saja, pada kulit apel merah juga terkandung flavonoid quercetin yang bertindak sebagai antiinflamasi. Sedangkan kandungan lain dari cokelat hitam ada catechins, antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah pengerasan arteri. Nah, jika keduanya dikombinasikan terbukti mampu membantu untuk memecah gumpalan darah (darah beku).

  1. Kacang Hitam dan Paprika Merah

Kacang hitam masuk ke dalam makanan yang dapat meningkatkan kesehatan karena kaya akan zat besi. Menariknya, manfaat zat besi yang terkandung dalam tumbuhan (non-heme iron) enggak sama dengan zat besi yang berasal dari hewan. Lain kacang hitam, lain pula paprika merah. Yang satu ini banyak mengandung vitamin C. Nah, ketika keduanya digabungkan, paprika bisa meningkatkan penyerapan zat besi  non-heme iron enam kali lipat.

  1. Salmon dan Collard Greens

Selain kaya akan omega 3, salmon juga banyak mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalisum dari salurah cerna ke dalam darah. Nah, kamu bisa menyajikan salmon bersama collard greens (seperti brokoli dan kubis) yang akan memperkaya kalsium bagi tulang. Enggak cuma tulang saja, menurut ahli salmon juga bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan daya ingat, dan memiliki sifat antiinflamasi.

Kalau kamu mau tahu lebih jauh untuk mengenai superfood atau masalah kesehatan,  kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.