31 December 2017

Bisa Dicoba, 5 Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Bisa Dicoba, 5 Olahraga untuk Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta - Jantung adalah sebuah organ yang berotot dan bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung akan semakin kuat dan sehat apabila pemiliknya menjalani hidup yang sehat dengan salah satu caranya adalah rajin berolahraga. Hal ini dikarenakan saat seseorang berolahraga, jantung bisa bekerja dengan optimal dan memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh.

Bila kamu melakukan olahraga yang teratur, maka banyak manfaat yang bisa kamu peroleh. Beberapa diantaranya membakar kalori, menghilangkan stres, mengurangi kolesterol jahat LDL, meningkatkan kolesterol baik HDL, menurunkan tekanan darah, membantu menjaga kesehatan pembuluh arteri dan pembuluh darah lainnya, aliran darah berjalan dengan baik, dan menjaga berat badan ideal.

Asosiasi Jantung Amerika menyarankan sebaiknya seseorang berolahraga selama 150 menit per minggu untuk olahraga ringan atau 75 menit per minggu untuk olahraga berat. Bila kamu melakukan olahraga selama 30 menit sehari, sebanyak lima kali seminggu, maka hal tersebut sudah baik untuk meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Di bawah ini terdapat 5 olahraga untuk kesehatan jantung yang bisa kamu praktikkan.

1.  Aerobik
Olahraga jantung yang satu ini bisa memperkuat jantung dan paru-paru. Aerobik sendiri adalah latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh. Bila olahraga jantung ini rutin dilakukan, maka kamu akan mendapatkan manfaat lainnya seperti membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah, serta meningkatkan pernapasan. Beberapa olahraga aerobik yang bisa kamu lakukan yakni jalan kaki, jogging, lompat tali, bersepeda (outdoor maupun statis), dan mendayung.

2.  Peregangan (Stretching)
Olahraga jantung yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. Dengan meregangkan lengan dan kaki sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan jangkauan gerak jika dilakukan setelah berolahraga.

3.  Yoga

Dalam praktiknya, yoga menggabungkan beberapa teknik yakni peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Semua teknik tersebut sangat baik bagi jantung. Dengan melakukan olahraga jantung ini secara teratur bisa membantu mengurai stres yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung.

4.  Tai chi
Olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok kuno yang didasari pada seni bela diri yang menggabungkan gerakan lambat tubuh yang berirama dengan pernapasan dalam dan konsentrasi. Bila kamu secara rutin melakukan tai chi, maka akan membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh, serta kesehatan jantung.

5.  Zumba
Zumba juga dipercaya sebagai olahraga jantung. Bila kamu melakukannnya secara teratur, maka Zumba  bisa membakar 1.000 kalori selama satu jam, asalkan dilakukan dengan benar yakni bergerak mengikuti irama musik dan membuat jantung memompa lebih cepat.

Olahraga memang bagus untuk kesehatan tubuh dan jantung. Namun harap diperhatikan bila kondisi badan merasakan rasa sakit pada bagian dada, badan terasa lemah, kepala pusing, dan nyeri di dada, leher, lengan, rahang, atau bahu ketika berolahraga, segeralah tanyakan kondisi diri pada dokter yang ada di Halodoc. Kamu juga bisa menanyakan tentang bentuk latihan olahraga jantung apa yang cocok untuk kamu, terutama jika kamu mengidap penyakit jantung.

Untuk berdiskusi bersama dokter ahli yang terpercaya di Halodoc, kamu bisa memanfaatkan metode chat, voice call, atau video call. Kamu pun bisa membeli kebutuhan medis seperti vitamin atau suplemen di Halodoc yang sampai hanya 1 jam, sehingga tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk pergi ke apotek. Download aplikasi Halodoc, di App Store atau Google Play sekarang juga.

BACA JUGA: Inilah 4 Olahraga yang Bisa Dilakukan untuk Pengidap Jantung