• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisa Menyerap Debu, Letakkan 4 Tanaman Ini di Ruang Tamu

Bisa Menyerap Debu, Letakkan 4 Tanaman Ini di Ruang Tamu

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Belakangan memelihara tanaman hias di rumah menjadi satu tren baru yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain menambah keindahan, tentunya memelihara tanaman dalam rumah memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan.

Melansir Healthline, memelihara tanaman dalam rumah membantu kamu untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif. Selain itu, menanam tanaman dalam rumah juga membuat kamu lebih sehat dan jarang sakit.

Baca juga: Ini 6 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah

Hal ini terjadi akibat tanaman yang berada dalam rumah dapat membantu membuat udara menjadi lebih lembap. Udara yang terlalu kering membuat kamu menjadi lebih mudah mengalami iritasi atau alami gangguan kesehatan. Selain menjaga kelembapan udara, tanaman dalam rumah juga mampu menyaring mikroba dalam udara yang menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh. 

Tanaman yang Bisa Jadi Pilihan

Penelitian dari Washington State University menemukan, sekitar 20 persen debu berkurang ketika adanya tanaman di dalam rumah. Nah, ketahui jenis tanaman yang membantu mengurangi debu dalam rumah, yaitu:

1. Spider Plant

Spider plant atau tanaman laba-laba ini menjadi salah satu tanaman yang direkomendasikan untuk menjaga rumah dari paparan debu. Spider plant menjadi tanaman rumah yang perawatannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya 2-3 kali seminggu. Selain membantu menghilangkan zat polutan dalam rumah, spider plant juga termasuk tanaman yang sangat aman bagi keluarga.

2. Sri Rejeki

Dari namanya saja sudah menarik, ya. Tanaman sri rejeki atau aglonema adalah tanaman yang memiliki daun lebar yang efektif dalam menyerap polutan, seperti karbon monoksida, benzena, dan formalin. Perawatannya terbilang mudah, sri rejeki hanya perlu disiram selama satu minggu sekali dan memerlukan pencahayaan yang cukup rendah agar dapat tumbuh dan memiliki manfaat yang optimal.

Baca juga: 7 Tanaman Herbal yang Diklaim Mampu Cegah Corona

3. English Ivy

English ivy menjadi salah satu tanaman yang cocok berada di dalam ruangan. Tanaman yang dikenal sebagai pembersih udara ini mampu menurunkan kadar polutan dalam rumah. Perawatan yang mudah juga menjadi salah satu alasan tanaman ini banyak peminatnya.

Namun, kamu tetap harus memerhatikan perawatan English ivy karena tanaman yang merambat ini mengandung saponin triterpenoid dan senyawa poliasetilen. Senyawa ini dapat membahayakan manusia dan hewan peliharaan apabila tertelan, karena bisa menyebabkan muntah dan diare. 

Zat kimia yang terdapat dalam getah English ivy juga dapat sebabkan iritasi pada kulit manusia. Segera gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter seputar penanganan iritasi pada kulit yang disebabkan oleh getah tanaman. Jangan lupa untuk selalu gunakan sarung tangan ketika melakukan perawatan tanaman di rumah.

4. Peace Lily

Peace lily juga menjadi salah satu tanaman yang mampu mengurangi debu dan polutan yang ada dalam rumah. Melansir Eco Age Environment, tanaman peace lily meningkatkan kualitas udara dalam rumah sebanyak 60 persen. Tanaman hias ini cocok untuk diletakkan pada kamar mandi maupun dapur. Selain wanginya yang harum, tanaman peace lily juga memiliki bunga untuk menambah keindahan ruangan.

Baca juga: Ternyata, Rajin Membersihkan Rumah Bisa Bikin Panjang Umur

Itulah jenis tanaman yang dapat dirawat dalam rumah. Selain menambahkan tanaman dalam rumah, jangan lupa untuk tetap selalu menjaga kebersihan rumah agar rumah terhindar dari banyaknya debu maupun polutan. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga membantu kamu terhindar dari banyaknya debu di dalam rumah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. The Perks of Being a Plant Lover
Eco Age Environment. Diakses pada 2020. Top 10 House Plants for Cleaner Air