Bisa Perbaiki Fungsi Ginjal, Konsumsi 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 Fungsi Ginjal, perbaiki fungsi ginjal

Halodoc, Jakarta - Apa itu ginjal? Ginjal merupakan organ tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang, tepat pada bagian tengah punggung pada kedua sisi tulang belakang. Organ ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup seseorang. Sepasang organ ini berukuran sekitar 10-12 sentimeter atau sebesar kepalan tangan, dan mengandung sekitar satu juta nefron, yaitu saringan darah yang sangat kecil.

Baca juga: 4 Jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

Karena fungsinya yang sangat penting, ginjal memerlukan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Bagi seseorang dengan ginjal yang sudah bermasalah, akan lebih membutuhkan nutrisi yang lebih dari biasanya. Untuk perbaiki fungsi ginjal, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

  • Bawang Bombay

Bawang bombay yang biasanya dijadikan bumbu masakan ini ternyata bisa dijadikan makanan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi ginjal, karena punya kandungan sulfur di dalamnya. Selain itu, bawang bombay merupakan sumber kromium yang sangat baik dalam membantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

  • Kembang Kol

Kembang kol merupakan sayuran dari jenis kubis. Kembang kol ternyata mengandung banyak vitamin C dan juga merupakan sumber serat dan asam folat yang tinggi. Selain itu, kembang kol juga kaya akan senyawa-senyawa yang berperan penting dalam membantu organ hati melawan zat racun yang dapat membahayakan tubuh.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Gunanya Tes Fungsi Ginjal

  • Paprika Merah

Bahan makanan yang satu ini ternyata juga sangat baik untuk ginjal. Selain rasanya yang lezat dan rendah potasium membuatnya efektif untuk diet ginjal, paprika merah juga merupakan sumber vitamin A, C, B6, serat, dan asam folat. Kandungan antioksidan jenis lycopene dalam paprika merah yang tinggi juga dapat melindungi ginjal dari kanker.

  • Bawang Putih

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat anti-peradangan, mencegah terbentuknya plak pada gigi dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, bawang putih juga termasuk bahan makanan terbaik untuk meningkatkan fungsi ginjal.

  • Buah Apel

Buah yang satu ini memang dikenal dapat mencegah sembelit, mengurangi kadar kolesterol, serta melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung dan kanker. Buah ini kaya akan zat anti-inflamasi dan serat ini sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal.

Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat dan terbebas dari berbagai masalah, kamu harus rajin mengonsumsi beberapa makanan guna meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, kamu sebaiknya membatasi asupan protein dan perbanyak makan sayuran. Kenapa protein kurang baik bagi fungsi ginjal? Hal ini dikarenakan protein yang dicerna akan menghasilkan limbah berupa urea. Ginjal adalah organ yang akan menyaring zat ini dari dalam darah, kemudian mengeluarkannya dari tubuh. Hal itulah yang membuat asupan protein juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan, dan pada akhirnya akan memberatkan fungsi ginjal.

Baca juga: 6 Tanda dan Gejala Fungsi Ginjal Terganggu

Kamu ingin tahu tips-tips kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!