10 March 2019

6 Tanda dan Gejala Fungsi Ginjal Terganggu

6 Tanda dan Gejala Fungsi Ginjal Terganggu

Halodoc, Jakarta - Penyakit gagal ginjal kronis menggambarkan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal menyaring limbah dan cairan berlebih dari darah yang dikeluarkan dalam urine. Ketika gangguan ginjal mencapai pada tahapan lanjut, tingkat cairan, elektrolit, dan limbah berbahaya dapat menumpuk di tubuh.

Pada tahap awal, gejala dan tandanya mungkin tidak terlalu terlihat. Penyakit ini mungkin tidak akan terdiagnosis dengan jelas sampai terjadi gangguan fungsi ginjal secara signifikan. Penanganan untuk gangguan ginjal ini berfokus pada perlambatan kerusakan ginjal, biasanya dengan mengendalikan penyebabnya. Namun, penyakit ginjal kronis bisa berkembang menjadi akut, yang memungkinkan dilakukan dialisis atau bahkan transplantasi ginjal.

Tanda dan Gejala Gangguan Fungsi Ginjal

Lalu, apa saja yang menjadi tanda dan gejala gangguan fungsi ginjal ini? Berikut beberapa di antaranya:

  • Tubuh Mudah Lelah

Sebenarnya, apa hubungan antara gangguan ginjal dengan tubuh yang mudah lelah? Pada kondisi normal atau sehat, ginjal merilis hormon eritroprotein yang berfungsi untuk meningkatkan sel darah merah.

Jika terjadi gangguan atau ginjal rusak, produksi hormon mengalami penurunan. Ini berakibat pada penurunan sel darah merah yang membawa oksigen, sehingga tubuh mudah terasa lelah.

Baca juga: Perlu Tahu, 8 Penyakit Akibat Gangguan Fungsi Ginjal

  • Muncul Rasa Mual dan Ingin Muntah

Penyakit ginjal yang sudah masuk pada tahapan akut sering kali menjadi silent killer, karena gejala yang muncul nyaris tidak terdeteksi. Padahal, mual dan selalu ingin muntah menjadi salah satu tandanya. Sayangnya, gejala ini sering diabaikan karena mirip dengan gejala gangguan kesehatan lainnya yang cenderung lebih ringan dan tidak membahayakan.

  • Berubahnya Warna Urine

Perubahan warna urine bisa menjadi tanda awal terganggunya fungsi ginjal, yaitu menjadi lebih keruh daripada ketika dalam kondisi normal. Tidak hanya itu, kamu akan mengalami perubahan dalam kebiasaan buang air kecil. Bisa jadi, kamu akan jarang buang air kecil, tetapi bisa juga kamu akan terus ingin buang air kecil. Pada beberapa kasus, buang air kecil juga diikuti rasa nyeri.

  • Sakit pada Pinggang

Kamu suka merasa sakit pada bagian pinggang? Hati-hati, karena sakit pinggang juga menjadi gejala awal alami gangguan ginjal. Kondisi ini terjadi karena batu ginjal yang terjepit di dalam ureter. Meski begitu, gangguan fungsi ginjal ini biasanya tidak terlalu terlihat.

Baca juga: 4 Jenis Pemeriksaan Fungsi Ginjal

  • Napas Sesak

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan cairan memasuki paru-paru melalui aliran darah. Akibatnya, tubuh tidak mendapatkan cukup asupan oksigen, terutama di bagian paru-paru karena adanya penumpukan cairan. Jika demikian, kamu akan mengalami kesulitan bernapas. Segera periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter agar segera ditangani.

  • Sering Pusing dan Sulit Berkonsentrasi

Dampak lain yang akan terjadi ketika ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik adalah sering pusing dan sulit berkonsentrasi. Ini disebabkan karena asupan oksigen ke seluruh tubuh tidak cukup, terutama ke otak. Oleh karena itu, kamu akan mengalami sakit kepala dan penurunan daya ingat.

Baca juga: Bisakah Pemilik 1 Ginjal Hidup Normal?

Itu tadi tanda dan gejala yang bisa kamu amati ketika terjadi gangguan ginjal atau terdapat masalah pada fungsi ginjal kamu. Jangan diabaikan, jika kamu merasakan salah satu gejalanya, tanyakan langsung pada dokter supaya kamu segera mendapatkan diagnosis dan tindakan penanganan. Kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter. Yuk, segera download aplikasi Halodoc!