Bisakah Anak Kecil Terkena Kanker Penis?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Bisakah Anak Kecil Terkena Kanker Penis?

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa jenis penyakit yang hanya dialami oleh pria, salah satunya adalah kanker penis. Kanker penis terjadi ketika ada sel kanker yang berkembang pada bagian penis. Sebaiknya ketahui beberapa gejala atau tanda yang menunjukan penyakit kanker penis agar kamu dapat segera melakukan pengobatan. Pengobatan lebih dini akan mempermudah pengobatan pada penyakit kanker penis.

Baca juga: Mr. P Melengkung ketika Ereksi, Waspada Gejala Kanker

Kanker Penis Terjadi pada Pria Dewasa

Umumnya, kanker penis dialami oleh pria-pria yang memasuki usia dewasa bukan anak kecil. Penyakit kanker penis berkaitan langsung dengan kondisi fimosis yang dialami oleh pria dewasa atau tindakan sunat yang baru dilakukan ketika menginjak usia dewasa.

Ketahui faktor yang meningkatkan risiko pria dewasa mengalami kanker penis, seperti tidak menjaga kebersihan penis dengan baik, memiliki usia di atas 60 tahun atau lebih, memiliki kebiasaan merokok dengan aktif, memiliki kebiasaan berganti pasangan dalam kegiatan seksual, dan memiliki penyakit fimosis.

Pencegahan bisa dilakukan dengan menjauhi faktor yang meningkatkan seorang pria rentan dengan penyakit kanker penis. Menjaga kebersihan area alat kelamin menjadi salah satu cara untuk menghindari seorang pria dari kanker penis. Ketika mengalami gangguan pada penis, segera atasi masalah ini agar penyakit yang dialami tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius.

Ketahui jenis kanker penis yang dapat dialami oleh pria, seperti:

1. Kanker Penis Skuamosa

Jenis kanker penis ini adalah jenis yang paling banyak menyerang pria, yang menyerang permukaan kulit penis.

2. Karsinoma In Situ

Jenis kanker sel skuamosa namun jenis ini hanya menyerang sel kulit penis saja.

3. Adenokarsinoma

Sel kanker yang terjadi pada sel yang berfungsi menghasilkan keringat.

4. Melanoma Penis

Sel kanker ini menyerang sel kulit yang memberikan warna pada kulit penis.

Baca juga: Hubungan Intim Tidak Sehat Bisa Menyebabkan Kanker Penis?

Kenali Gejala yang Muncul akibat Kanker Penis

Kanker penis adalah jenis penyakit yang sulit untuk diidentifikasi karena tidak menimbulkan gejala pada awal seseorang mengalami penyakit kanker penis. Namun, setelah penyakit ini cukup lama menyerang kesehatan seseorang, ada beberapa gejala umum yang muncul, seperti:

1. Perubahan Warna Kulit pada Penis

Perubahan warna kulit adalah gejala yang umum terjadi pada pengidap kanker penis. Gejala perubahan warna kulit pada penis biasanya terjadi pada sekitar kepala penis dan batang penis. Kondisi ini disertai dengan area kulit yang berubah menjadi lebih tebal, terdapat benjolan atau luka yang muncul di area penis, muncul ruam kemerahan dan munculnya cairan yang berbau busuk pada kulup.

2. Benjolan Sekitar Paha

Pengidap kanker penis juga mengalami gejala lain seperti pembengkakan pada kepala penis. Ketika sel kanker sudah menjalar ke organ lain, salah satunya kelenjar getah bening dapat menyebabkan munculnya benjolan di sekitar paha. Tidak ada salahnya untuk menerapkan pola hidup sehat agar kamu terhindar dari penyakit kanker penis. Gejala lain mungkin saja dialami oleh pengidap kanker penis, sebaiknya segera kunjungi rumah sakit terdekat untuk memastikan penyebab gejala yang kamu alami.

Baca juga: Benarkah Kanker Penis Dipicu Oleh Kanker Prostat?

3. Cairan dengan Aroma Tidak Sedap

Selain perubahan warna kulit, munculnya cairan dengan aroma yang kurang sedap menjadi salah satu gejala yang umum dialami. Kondisi ini disertai dengan penis yang terasa gatal, panas dan terkadang nyeri.

Referensi:
NHS (diakses pada 2019). Penile Cancer
Healthline (diakses pada 2019). Penile Cancer