Bisakah Granuloma Annulare Disembuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Bisakah Granuloma Annulare Disembuhkan?

Halodoc, Jakarta - Ruam pada kulit bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak dan orang dewasa. Ketika ruam terlihat seperti cincin berwarna merah muda, terjadi di bagian belakang tangan, kaki, siku atau pergelangan kaki, ini bisa jadi tanda kamu mengalami granuloma annulare. Ruam ini muncul tidak disertai dengan rasa sakit, tapi tetap menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. 

Granuloma annulare tidak menular, tidak terjadi karena alergi, dan bukan penyakit yang diturunkan secara genetik. Namun belum diketahui dengan pasti penyebab utamanya terjadinya ruam granuloma ini yang membuat lapisan dermis kulit jadi sensitif dan meradang. Jika ruam yang dimiliki tidak juga sembuh dan menghilang dalam beberapa minggu, kamu perlu menanyakan langsung pada dokter. Caranya bisa lewat aplikasi Halodoc menggunakan Tanya Dokter

Baca juga: Ini Alasan Homoseksual Rentan Terkena Granuloma Inguinale

Bisakah Granuloma Annulare Disembuhkan?

Bisa. Bahkan, sebenarnya, granuloma annulare tidak membutuhkan penanganan intensif, karena sebagian besar kasus menunjukkan kesembuhan dalam beberapa bulan, dan jarang sekali ditemui penyembuhan memakan waktu hingga lebih dari dua tahun. Namun, jika kamu merasa terganggu dengan eksistensinya, kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa pengobatan berikut ini. 

  • Krim atau salep kortikosteroid. Membantu menghilangkan ruam lebih cepat. Supaya lebih efektif, dokter menyarankan untuk menggunakan perban setelah salep dioleskan.

  • Suntikan kortikosteroid. Jika lesi kulit tidak sembuh dengan pengobatan topikal, dokter akan menyarankan untuk melakukan suntikan kortikosteroid. Suntikan berulang mungkin diperlukan dalam kurun waktu enam sampai delapan minggu sampai kondisinya lebih baik.

  • Pembekuan. Ini dilakukan dengan cara menerapkan nitrogen cair ke area tubuh yang terinfeksi. Pembekuan bisa membantu menghilangkan lesi. 

  • Terapi laser. Beberapa orang mengaku menghilangkan granuloma annulare dengan memanfaatkan laser. 

  • Obat oral. Pada kasus yang parah, terutama ketika lesi menyebar, kamu akan diberikan resep obat minum seperti antibiotik atau obat yang digunakan untuk mencegah reaksi dari sistem imunitas tubuh. 

Biasanya, diagnosis granuloma annulare dilakukan lebih mudah, karena cukup dengan melihat penampilan ruam yang muncul di beberapa anggota tubuh. Biopsi kulit diperlukan untuk mendiagnosis granuloma annulare yang lebih jarang terjadi. Tes kadar gula darah diperlukan karena granuloma annulare dikaitkan dengan diabetes.

Baca juga: Kenali Lebih Dekat Granuloma Annulare

Jenis Granuloma Annulare yang Perlu Dipahami

Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, granuloma annulare dikaitkan dengan kondisi medis tertentu, misalnya diabetes. Gejala yang muncul bergantung pada jenis granuloma, yaitu: 

  • Lokal. Merupakan jenis yang paling sering ditemui. Bentuknya lingkaran atau setengah lingkaran, berwarna kemerahan atau warna kulit dan sering terjadi di tangan, kaki, pergelangan tangan dan kaki orang dewasa. 

  • General. Merupakan jenis granuloma annulare yang lebih jarang dan terjadi pada orang dewasa. Menyebabkan gatal, kulit berwarna kemerahan pada sebagian besar tubuh, termasuk lengan dan kaki. 

  • Di bawah kulit. Jenis ini biasanya terjadi pada anak-anak, yang disebut dengan granuloma annulare subkutan. Ini menimbulkan benjolan kecil dan keras di bawah kulit tetapi bukan berupa ruam. Benjolan bisa muncul di tangan, tulang kering, dan kulit kepala.

Baca juga: Waspada 2 Komplikasi yang Menyebabkan Granuloma Annulare

Kenali gangguan kulit yang terjadi pada tubuhmu dan segera temukan penanganan yang tepat agar terhindar dari masalah kulit lainnya.