Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Efektifkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Efektifkah?

Halodoc, Jakarta - Mulai dari jerawat, bintik hitam, hingga munculnya jaringan parut, ada banyak faktor yang membuat kulit menjadi tidak halus. Memang tidak berbahaya, tetapi dapat mengurangi, kepercayaan diri seseorang. Kamu pun termotivasi menjajal berbagai perawatan wajah, seperti terapi laser untuk menghilangkan flek hitam. Namun, benarkah hal tersebut efektif?

Bintik hitam, hiperpigmentasi atau flek hitam dapat terjadi karena bekas jerawat, paparan sinar matahari berlebihan, atau perubahan hormon. Ada berbagai jenis krim dan serum yang dibuat untuk membantu menghilangkannya dan membuat kulit cerah kembali, tetapi beberapa produk juga berpotensi menimbulkan dampak yang lebih negatif bagi kulit wajahmu.

Terapi Laser untuk Hilangkan Flek Hitam, Benarkah Efektif?

Salah satu pilihan untuk menghilangkan flek hitam yang membandel di wajah dengan terapi laser. Pengobatan ini bekerja dengan menargetkan bintik-bintik gelap menggunakan energi cahaya yang terkonsentrasi serta menghilangkan lapisan demi lapisannya. Sederhananya, metode ini membakar lapisan kulit yang menggelap dengan segera.

Baca juga: Sering Terpapar Sinar UV Matahari, Bagaimana Cegah Kemunculan Flek Hitam?

Ketika cahaya pada laser menyerap bintik gelap pada wajah, kamu tidak perlu khawatir karena sel kulit di sekitarnya tidak akan turut rusak. Ini disebabkan karena area kulit tersebut tidak memiliki pigmen gelap, sehingga tidak terserap dan menyerap energi laser. Lalu, benarkah perawatan ini efektif?

Belum tentu. Terapi laser umumnya direkomendasikan untuk jenis kulit yang lebih ringan. Pasalnya, energi laser mampu membedakan dengan jelas antara kulit normal dan bintik hitam, sehingga menjadikan perawatan ini lebih efektif. Jika ternyata kulit kamu lebih sensitif atau berwarna lebih gelap, kamu bisa memilih pengobatan lain, karena kulit yang berwarna lebih gelap cenderung memiliki lebih banyak pigmen.

Baca juga: Hindari 4 Kebiasaan yang Dapat Memicu Munculnya Flek Hitam

Adakah Efek Sampingnya?

Kulit wajah menjadi kemerahan dan mengalami pembengkakan merupakan efek samping yang normal terjadi ketika kamu menghilangkan flek hitam dengan terapi laser. Selang beberapa hari, bintik hitam mulai mengelupas seperti bubuk kopi dari wajah. Namun, flek hitam bisa muncul kembali jika kamu mendapatkan paparan sinar matahari berlebih.

Oleh sebab itu, kamu mungkin akan mempertimbangkan untuk menggunakan tabir surya atau pelembap kulit, terutama yang khusus untuk diaplikasikan pada kulit wajah. Jika kamu tidak melindungi kulit dari paparan matahari berlebih, semua upaya yang kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam hanya akan berakhir sia-sia, karena flek hitam bisa dicegah kembali kemunculannya dengan melindungi wajah dari paparan berlebih sinar matahari.

Tetapi, bintik hitam yang tidak diobati akan terus menumpuk pada kulit, dan hal tersebut membuat flek dan noda di wajah ini semakin sulit diobati. Jika kamu mempertimbangkan untuk menggunakan terapi laser untuk mengusir noda hitam dari wajah, kamu perlu bertanya pada dokter ahli kecantikan atau dokter kulit terlebih dahulu. Pasalnya, ada banyak sekali perawatan laser dan tentu saja, masing-masing memiliki risikonya.

Baca juga: Flek Hitam Semakin Banyak, Ini 4 Cara Mengatasinya

Jadi, sebelum kamu memulai, coba download aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk bertanya pada dokter ahli, sehingga kamu tidak salah dalam memilih perawatan untuk menghilangkan flek hitam, seperti terapi laser. Tidak hanya itu, kamu pun bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk melakukan cek lab rutin tanpa perlu berkunjung ke laboratorium.