4 Tren Ibu Zaman Now dalam Parenting

4 Tren Ibu Zaman Now dalam Parenting
KEHAMILAN 04 April 2018

Halodoc, Jakarta – Sebagai ibu baru, ibu mungkin membutuhkan banyak informasi tentang parenting. Untungnya, saat ini ibu enggak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Cukup diam di rumah dan berseluncur di dunia maya untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Apalagi sekarang ini, banyak ibu muda yang sukarela memberikan informasi tentang parenting di media sosial. Nah, apa saja sih tren parenting ibu “zaman now”? (Baca juga: Alasan Akur sama Orang Tua Baik untuk Kesehatan)

1. Berbagi Cerita di Media Sosial

Tren membagikan foto dan cerita di media sosial bukan hanya untuk anak muda saja, melainkan juga untuk ibu muda. Bahkan, sebuah survei melaporkan bahwa sebagian besar orang tua millenial telah membagikan foto anaknya di media sosial. Jadi, kamu enggak perlu heran jika ada ibu muda yang membagikan foto dan cerita tentang perjuangannya mengatasi anak yang sakit, tantrum, susah makan, dan lain-lain. Tujuannya tentu beragam, tetapi umumnya mereka berbagi tips parenting untuk memberikan dukungan dan motivasi pada sesama ibu. Namun, agar ibu tidak salah, ibu perlu mencari tahu kebenaran informasi yang didapatkan, ya.

2. Gaya Parenting yang Beda

Saat ini, informasi yang didapatkan bukan hanya dari buku saja, melainkan juga dari internet. Beragam informasi yang didapatkan ini lah yang memberikan kekayaan informasi dan membentuk perspektif yang berbeda dalam mengasuh anak. Alhasil, informasi yang didapatkan ini bisa menciptakan gaya parenting yang berbeda karena terbentuk dari keterbukaan informasi dan pikiran. Jadi, kamu enggak perlu heran jika ada pasangan yang memiliki gaya parenting yang berbeda. Karena, gaya parenting tersebut tentu sudah disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan keluarganya.

3. Kerja Sama antar Pasangan

Ada banyak perbedaan antara pola asuh zaman dulu dan zaman now. Misalkan, banyak orang tua di zaman dulu yang membelikan mainan sesuai jenis kelamin anak. Anak perempuan dibelikan mainan boneka dan masak-masakan, sedangkan anak laki-laki dibelikan mainan mobil-mobilan. Namun sekarang, sebuah survei melaporkan bahwa sebagian besar orang tua millenial lebih memilih mainan anak yang netral gender. Selain itu, ibu zaman now juga lebih mengutamakan kerja tim dan mengesampingkan pembagian tugas berdasarkan jenis kelamin. Itu sebabnya, saat ini banyak suami yang dilibatkan dalam mengasuh anak, termasuk memandikan, memberikan makan, menggantikan popok, dan lain-lain.

4. Memberikan Kebebasan pada Anak

Salah satu perbedaan yang terlihat antara ibu zaman dulu dan sekarang adalah kebebasan yang diberikan kepada anak. Dulu, kebanyakan anak tidak diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya. Namun sekarang, anak justru diberikan ruang untuk belajar dan tumbuh secara mandiri. Kebebasan ini diharapkan bisa membantu anak berinteraksi dan memahami jati dirinya dengan baik.

Pada akhirnya, setiap ibu punya pertimbangan tersendiri dalam mengasuh anak. Namun, apapun gaya parenting yang diterapkan, pastikan itu adalah yang terbaik untuk tumbuh kembang anak. Nah, jika ibu punya pertanyaan tentang parenting, jangan pernah ragu untuk bertanya dengan dokter ya, bu. Untuk memudahkan, ibu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor pada aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter. Ibu bisa bertanya pada dokter Halodoc melalui Chat, Voice Call, atau Video Call kapan pun dan di mana pun. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. (Baca juga: 7 Ciri Anak Indigo yang Perlu Orang Tua Tahu)


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

16 August 2018

Bosan mengonsumsi daging kambing, ayam atau sapi? Coba deh cicipi daging rusa yang tak kalah bergizinya dari k...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 August 2018

Kualitas sperma dan ovum dipengaruhi oleh usia, benarkah? Simak faktanya di Halodoc, yuk!...

Selengkapnya

OLAHRAGA

16 August 2018

Roller sport itu olahraga yang menyenangkan, apalagi kalau dilakukan bareng anak. Cari tahu manfaat roller spo...

Selengkapnya