Ternyata Hubungan Intim Saat Menopause Tetap Menyenangkan

Ternyata Hubungan Intim Saat Menopause Tetap Menyenangkan
SEKS 02 November 2017

Halodoc, Jakarta – Seiring berjalannya waktu, menopause memang merupakan hal yang tidak bisa dihindari, khususnya bagi para wanita. Kadar perubahan ini ditandai dengan berakhirnya siklus menstruasi pada hormon tubuh wanita yang mau memasuki usia 40 tahun, hingga pada akhirnya kinerja ovarioum pun akan menurun dan akan berhenti memproduksi hormon reproduksi dengan umumnya di usia 50 tahun.

Hal tersebut tentulah membuat wanita gundah gulana di usia-usia memasuki masa menopause. Umumnya tingkat kepercayaan diri mereka menurun, sehingga memengaruhi kehidupan seksualnya walaupun gairah seksual wanita yang sudah memasuki menopause berbeda-beda. Gejala-gejala yang biasanya dialami oleh wanita menopause selain adanya perubahan siklus menstruasi, yaitu bisa berupa rasa kering pada bagian organ vital wanita, timbulnya rasa nyeri saat berhubungan, insomnia dan kondisi mood yang sering berubah. Adanya perubahan bahkan mengurangnya estrogen dan testosteron pun yang menjadi penyebab perubahan gairah seksual pada wanita menopause.

Walaupun hal diatas tak terjadi pada semua wanita, namun jangan jadikan masa menopause penghalang bagi kamu dan pasangan untuk melakukan berhubungan intim. Lalu apa saja yang harus dilakukan agar hubungan initim saat menopause tetap bisa menyenangkan? Berikut cara yang bisa kamu lakukan:

Sediakan pelumas setiap saat
Sementara organ vital wanita mengalami kekeringan saat menopause, kamu sebagai pasangan, bisa memberinya pelumas agar “permainan” kamu terasa lebih nikmat tanpa gangguan rasa sakit. Selain pelumas, pelembab khusus organ vitalmu juga bisa digunakan secara teratur demi menjaga kelembaban di area organ intim kamu.

Nikmati hidup dan jangan lupa bahagia
Apapun yang terjadi, nikmatilah hidup bersama orang tersayang. Cobalah untuk menghadapi dan membicarakan masalah yang ada dengan pasangan agar terhindar dari stres. Dengan stres, maka gairah seksual pun tentunya akan menurun drastis sehingga kamu tak dapat menikmati momen intim dengan pasangan.

Lakukan olahraga secara rutin
Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, berolahraga pun merupakan cara untuk meningkatkan gairah seks. Dokter obgyn, Ricciotti berkata “banyak berolahraga merupakan salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan demi meningkatkan libido”. Olahraga yang teratur diimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta istirahat yang cukup, tentu merupakan kunci agar gairah seksualitas tetap terjaga di masa-masa menopause.

Ciptakan momen intim bersama
Menciptakan momen-momen keintiman berdua dengan pasangan, salah satu kunci menjaga gairah seksual. Tunjukkan rasa cinta dan kasih sayang bersama si Dia dengan makan malam romantis disertai lilin, ucapkan “selamat pagi atau good morning” pada pasangan kamu di pagi hari saat bangun tidur dan disertai dengan kecupan hangat dan belaian halus.

Cobalah memulai sesuatu yang baru
Jangan khawatir menopause dapat mengurangi gairah seksual. Kamu dapat mengatasinya dengan mencari tahu dan mencoba sesuatu yang baru pada saat berhubungan intim, seperti memulai untuk mencoba posisi seks yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Ingat dengan usia! Mencoba posisi baru boleh, tetapi faktor kenyamanan jangan dilupakan ya. Karena usia sudah tak lagi muda, maka gunakanlah bantal sebagai penyangga tulang kamu agar lebih nyaman saat bercinta.

Berusaha lebih keras untuk “titik klimaks”
Seiring berjalannya usia, intensitas untuk mengalami orgasme pun berubah. Mungkin dahulu selagi muda, kamu bisa dapat melakukan orgasme dengan mudah, namun beda hal ketika kamu sudah tak lagi muda. Saat dalam atau setelah masa menopause, kamu harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan “titik klimaks” tersebut. Jangan berkecil hati, karena hal itu merupakan hal yang wajar terjadi di saat menginjak masa-masa menopause.

Selain enam cara diatas, agar hubungan intim kamu dan pasangan tetap bisa menyenangkan saat menopause, kamu juga harus menjaga kondisi kesehatan. Periksalah kondisi kesehatan kamu dan si Dia secara rutin dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Berbagai dokter ahlinya siap membantu masalah hubungan intim saat menopause yang  dapat dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan agar tubuh tetap fit yang dapat dibeli di Halodoc dan diantar hanya dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

IBU & ANAK

16 July 2018

Sebelum memutuskan untuk menurunkan gaya hidup tersebut, ibu perlu mengetahui jenis asupan yang dibutuhkan di ...

Selengkapnya

KEHAMILAN

16 July 2018

Kelebihan atau kekurangan berat badan, sama-sama bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan ibu dan janin. Na...

Selengkapnya

KECANTIKAN

16 July 2018

Berbeda letak sakit kepala, berbeda pula penyebabnya. Oleh sebab itu, berikut adalah penyebab sakit kepala ber...

Selengkapnya