• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bolehkah Minum Air Jahe saat Perut Masih Kosong?

Bolehkah Minum Air Jahe saat Perut Masih Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Jahe merupakan bahan alami yang telah lama digunakan berkat kandungan nutrisi dan senyawa penting yang dikandungnya. Selain sering digunakan sebagai bahan makanan tertentu, jahe juga diperlukan dalam berbagai pengobatan herbal. Itulah yang membuat air jahe jadi sehat. 

Selain itu, jahe memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi yang dapat melengkapi perawatan untuk berbagai penyakit. Antioksidan yang tinggi dalam jahe juga bermanfaat untuk mengembalikan kerusakan sel dan menghilangkan racun. Uniknya, jahe bisa dimasukkan ke dalam makanan dengan berbagai cara. Khasiat air jahe semakin bermanfaat jika kamu mengonsumsinya saat perut kosong. 

Baca juga: Manfaat Jahe untuk Mengobati Gastroenteritis

Manfaat Meminum Air Jahe untuk Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak masalah jika meminum air jahe dalam keadaan perut kosong. Ada beberapa manfaat potensial jika kamu rutin meminum air jahe. 

1. Merawat Peradangan

Peradangan adalah salah satu reaksi alami tubuh untuk mempertahankan diri. Kuman, bahan kimia, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan terlalu banyak peradangan dan membahayakan tubuh. Perubahan pola makan dan gaya hidup diperlukan untuk melawan peradangan kronis. 

Kamu perlu menambahkan air jahe dalam pola makan sehat. Dengan meminum air jahe dapat membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan. Jahe juga dapat mengurangi reaksi alergi yang berkaitan dengan peradangan. 

2. Sebagai Antioksidan

Sifat antioksidan jahe dapat membantu mencegah penyakit jantung, penyakit neurodegeneratif (seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington), kanker, dan gejala penuaan. Dengan rutin meminum air jahe, kebiasaan tersebut dapat mencegah atau memperlambat gagal ginjal serta pertumbuhan tumor. Selain itu, jahe juga diketahui dapat membantu mengendalikan beberapa jenis kanker. 

Baca juga: Kencur, Jahe, dan Kunyit, Apa Saja Manfaatnya?

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Dengan minum air jahe secara teratur, gejala gangguan pencernaan, muntah, dan mual dapat diringankan. 

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Jahe dapat menahan gula darah pada pengidap diabetes. Dengan begitu jahe dapat dimanfaatkan untuk membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes.

5. Mengurangi Risiko Kolesterol

Jahe dapat mengurangi gejala penyakit jantung seperti kolesterol LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida. 

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air jahe dapat membantu menurunkan berat badan jika dikombinasikan dengan pola makan dan olahraga yang sehat. Jahe diketahui mampu menekan obesitas. Dengan minum air jahe panas setelah makan, rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

7. Hidrasi

Inilah adalah manfaat yang paling penting dari meminum air jahe. Tetap terhidrasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kesehatan tubuh. Banyak orang yang tidak cukup minum air setiap hari. Memulai hari dengan segelas air jahe sebelum sarapan atau meminumnya teratur setiap hari akan membantu tubuh tetap terhidrasi. 

Baca juga: Khasiat Jahe Bisa Atasi Rasa Mual, Kok Bisa?

Perlu kamu ketahui, seperti halnya ramuan herbal atau suplemen apapun, jahe juga dapat berinteraksi buruk dengan obat lain yang kamu minum. Efek samping jahe jarang terjadi, tetapi jika konsumsi berlebihan maka dapat mengakibatkan gangguan maag, kembung, dan sakit perut. Sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe. 

Jika kamu memiliki gangguan jantung, diabetes, dan batu empedu, sebaiknya berbicara terlebih dahulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsi air jahe. Selain itu, kamu juga harus berbicara pada dokter tentang keamanan mengonsumsi jahe selama hamil, menyusui, atau sebelum menjalani operasi. 

Referensi: 
Step to health. Diakses pada 2020. 7 Benefits of Ginger Water on an Empty Stomach
Medical News Today. Diakses pada 2020. Is drinking ginger water good for health?
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?