28 November 2018

Manfaat Jahe untuk Mengobati Gastroenteritis

manfaat jahe untuk mengobati gastroenteritis

Halodoc, Jakarta – Gastroenteritis adalah infeksi yang terjadi pada lambung dan usus yang disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah flu perut atau flu lambung. Bila kamu terserang penyakit ini, biasanya kamu akan mengalami beberapa gejala, seperti merasa mual dan muntah. Nah, jahe dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa mengatasi gejala gastroenteritis tersebut. Yuk, cari tahu khasiat jahe untuk mengobati gastroenteritis.

Beberapa bakteri penyebab gastroenteritis, seperti bakteri salmonella, rotavirus dan norovirus sering ditemukan pada makanan dan air. Selain itu, makanan matang yang dibiarkan terlalu lama dalam suhu kamar juga bisa menyebabkan munculnya bakteri gastroenteritis. Seseorang bisa terkena penyakit perut ini bila mengonsumsi makanan dan air yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab gastroenteritis atau tertular ketika melakukan kontak langsung dengan pengidap.

Infeksi ini seringkali ditandai dengan rasa mual, muntah, dan diare. Sebenarnya gastroenteritis jarang menyebabkan komplikasi. Namun, penyakit ini bisa sangat berbahaya, bahkan berisiko menyebabkan kematian bila pasien terus-menerus muntah dan diare. Pasalnya, muntah dan diare membuat pengidap tidak mampu mengonsumsi atau menyerap obat untuk mengobati infeksi. Selain itu, bila dibiarkan terlalu lama, maka pengidap bisa mengalami dehidrasi. Apalagi gastroenteritis lebih sering dialami oleh anak kecil dan orang tua yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Itulah sebabnya gejala gastroenteritis perlu diobati segera.

Namun, hasil uji klinis yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan Eropa menemukan bahwa jahe sangat efektif untuk meredakan muntah yang parah, sehingga bisa dijadikan pertolongan pertama untuk mengatasi gastroenteritis. Studi yang dilakukan pada anak-anak dengan masalah gastroenteritis ini, mendapatkan hasil bahwa jahe dapat mengurangi keparahan dan frekuensi muntah. Hal ini berkat kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam jahe mampu memberikan efek antiemetik (anti-muntah).

Jadi, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang timbul akibat gastroenteritis adalah dengan mengonsumsi minuman rehidrasi, seperti jahe untuk mengurangi frekuensi muntah. Dengan demikian, obat dan makanan yang kamu konsumsi juga bisa diserap tubuh dengan baik. Selain air jahe, oralit juga bisa membantu rehidrasi. Minuman ini mengandung elektrolit dan mineral yang diperlukan tubuh. Namun, pastikan kamu mengonsumsi oralit sesuai aturan pakai yang tertulis pada kemasan.

Untuk membantu meredakan gejala gastroenteritis, kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Namun, hindarilah mengonsumsi jus buah-buahan karena minuman ini justru bisa memperparah gejala diare yang dialami.

  • Walaupun merasa mual dan tidak napsu makan, tapi usahakanlah untuk tetap mengonsumsi makanan. Kamu bisa menyiasatinya dengan makan-makanan yang mudah dicerna dalam jumlah sedikit, tapi sering. Makanan yang dianjurkan bagi pengidap gastroenteritis, antara lain pisang, bubur, dan ikan.

  • Gunakan lebih banyak waktu untuk beristirahat.

  • Anak-anak dan orang dewasa bisa mengonsumsi minuman berenergi untuk menggantikan elektrolit dalam tubuh yang hilang. Hindari es krim atau minuman bersoda yang bisa memperparah diare pada anak-anak.

Nah, sudah tahu kan manfaat jahe untuk mengobati gastroenteritis. Jadi, minumlah segelas air jahe hangat bila kamu mengalami mual dan muntah. Kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan di Halodoc, lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: