Bolehkah Pengidap TBC Berpuasa?

Bolehkah Pengidap TBC Berpuasa?

Halodoc, Jakarta – TBC atau tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang paru-paru. Penyakit TBC disebabkan karena adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini rentan menyerang seseorang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah.

Gejala yang dialami pengidap TBC adalah tubuh yang mengalami demam, lemas, penurunan berat badan, tidak memiliki nafsu makan, nyeri pada dada, dan mengeluarkan keringat berlebih pada malam hari. Penyakit ini mudah menular dan merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan tepat.

Lalu apakah pengidap TBC boleh melakukan puasa? Pengidap TBC biasanya diwajibkan mengonsumsi obat sebanyak satu kali per hari. Dengan dimulainya bulan puasa, pengidap TBC masih diperbolehkan menjalankan ibadah puasa, dengan mengganti jadwal pengonsumsian obat. Jika sebelumnya pengidap TBC konsumsi obat pada pagi hari, bisa saja selama menjalankan ibadah puasa, mengonsumsi obat pada malam hari atau sebelum buka puasa.

Pada pengidap TBC, biasanya juga merasakan komplikasi penyakit paru-paru lainnya seperti batuk atau sesak napas. Pada kondisi sesak napas, penggunaan inhaler masih diperbolehkan karena dianggap tidak membatalkan puasa.

Baca juga: 5 Hal yang Sebabkan Perut Buncit Saat Puasa

Konsumsi Banyak Makanan Sehat Hindari Kekurangan Gizi

Selama bulan puasa, jangan lupa untuk memerhatikan asupan yang masuk dalam tubuh. Pengidap penyakit TBC jangan sampai mengalami kekurangan gizi karena dapat memperburuk kondisi penyakit. Pola makan pengidap TBC harus dirancang sebaik mungkin dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Kekurangan gizi pada pengidap TBC dapat memperlambat pengobatan. Pastikan menu sahur dan berbuka memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk membantu pengobatan, nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar kondisi TBC tidak semakin parah ketika menjalankan ibadah puasa.

Berikut adalah beberapa buah yang baik dikonsumsi oleh pengidap TBC, yaitu:

1. Pisang

Pisang menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kekebalan tubuh bagi pengidap TBC. Pisang dapat mengurangi gejala demam serta batuk yang ditimbulkan dari penyakit tuberkulosis. Tidak ada salahnya menjadikan buah pisang sebagai camilan untuk berbuka dan sahur.

2. Jeruk

Kandungan zat mineral dan senyawa pada jeruk melindungi paru-paru dari infeksi. Kamu bisa mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus atau dimakan langsung sebagai penutup ketika berbuka puasa maupun sahur.

Baca juga: Idap Kanker, Ikuti Aturan Puasa Sehat Ini

Pencegahan Tuberkulosis

Penyakit TBC dapat dicegah dengan pemberian vaksin ketika bayi memasuki usia 2 bulan. Selain itu, pengidap TBC bisa menggunakan masker jika bepergian ke tempat ramai sebagai untuk pencegahan penularan TBC pada orang lain. Kamu juga bisa minum vitamin seperti curcuma sebagai tambahan untuk pencegahan kerusakan hati akibat efek samping obat TBC selama berpuasa.

Tidak hanya itu, Sebaiknya tutupi mulut ketika bersin, bersendawa atau tertawa. TBC dapat ditularkan melalui percikan air liur yang dikeluarkan pengidap TBC. Tidak ada salahnya untuk memerhatikan kondisi kebersihan diri dan lingkungan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tuberkulosis. Sebaiknya perhatikan sirkulasi udara dalam rumah. Membuat sirkulasi yang baik dalam rumah dapat menghindari kamu dari penularan penyakit tuberkulosis.

Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter mengenai puasa sehat yang akan dijalani oleh pengidap TBC. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Alasan Puasa Bikin Ngantuk Berat