20 June 2018

Bosan dengan Daging dan Ayam, Pilih Makan Ikan Ini Saja

cara mengolah ikan, manfaat ikan

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang bosan dengan daging ayam enggak usah bingung, masih banyak kok makanan sehat dan bergizi yang bisa kamu coba. Misalnya, ikan yang kaya akan protein dan baik buat kesehatan. Yang perlu diketahui, terkadang beda ikan beda pula kandungan. Enggak cuma itu, cara mengolah untuk mendapatkan rasa yang lezat pun bisa berbeda. Nah, berikut jenis dan cara mengolah ikan sebagai pengganti daging ayam.

1. Ikan Salmon

 

 

Ikan yang banyak hidup di samudera Atlantik dan Pasifik ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Cotohnya, baik untuk kesehatan jantung dan juga bisa meningkatkan perkembangan otak. Salmon kaya akan serat, protein, dan omega-3 (DHA dan EPA). Omega-3 inilah yang bisa membantu perkembangan otak, saraf, dan menjaga kesehatan mata.

Kata ahli, rutin mengonsumsi salmon bisa membantu untuk mengobati radang sendi. Kok bisa? Nah, kandungan protein yang disebut peptide biokatif yang memegang peranan penting. Protein jenis ini terbukti dapat mengatur, menstabilkan, dan meningkatkan sintesis kolagen pada tulang rawan osteoartritik. Protein pada ikan ini pun juga bisa meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, lho.

Salmon sebenarnya enggak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja. Ternyata ikan yang kaya vitamin D ini juga bisa mengurangi risiko depresi dan menyehatkan fungsi otak dan sistem saraf. Kata ahli, konsumsi salmon secara teratur pada orang tua, bisa mengurangi risiko depresi dan penurunan kognitif. Salmon juga mampu melindungi tubuh dari masalah stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Ini 4 Manfaat Ikan yang Didapat Jika Mengonsumsi

Lalu, bagaimana cara mengolah ikan salmon yang lezat? Gampang kok, kamu bisa membuatnya menjadi fillet ikan salmon, salmon sashimi, dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya bisa dengan dipanggang, digoreng, atau direbus untuk membuat tekstur dagingnya semakin lembut.


2. Ikan tuna

Kalau kamu bukan penggemar salmon, bisa kok mencoba ikan tuna. Ikan ini padat akan nutrisi. Misalnya, mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, selenium, dan kalium. Ikan ini juga kaya vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3.

Melansir Bold Sky, ikan tuna bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan mata. Misalnya, meminimalkan risiko terserang degenerasi makula. Kondisi ini merupakan buruknya penglihatan yang mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral. Kata ahli, degenerasi makula ini merupakan penyebab utama kebutaan bagi orang di atas 50 tahun. Nah, kandungan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam tuna, ternyata bisa mencegah terjadinya kondisi tersebut.  Menariknya lagi, ikan tuna juga bisa melindungi mata dari sindrom mata kering.

Selain menjaga kesehatan mata, ikan ini juga bisa melindungi jantung. Kata ahli, rutin mengonsumsi ikan tuna bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Sebab asam lemak omega 3-nya bisa membantu untuk mengurangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Baca juga: 6 Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan

Cara mengolah ikan tuna banyak variasinya, kok. Kamu bisa membuatnya menjadi sup ikan tuna, fillet ikan tuna, ikan tuna goreng tepung, ikan tuna bumbu asam pedas, dan masih banyak lagi. Singkatnya, ikan ini bisa kok diolah dengan cara digoreng, direbus, atau dibakar.

3. Lele

 

 

Berbicara ikan lele, tentunya enggak lepas dari menu pecel lele lengkap dengan tahu, tempe, dan lalapannya. Dan menu ikan lele ini bisa dibilang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Di balik itu semua, perlu kamu ketahui kalau lele juga termasuk ikan yang menyehatkan, lho. Ikan ini rendah kalori dan lemak, dalam 100 g porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori, dan 6,1 g lemak.

Ikan lele juga mengandung rendah kalori, tak seperti makanan laut lainnya. Ingat ya, penumpukan merkuri di dalam tubuh dalam jangka panjang bisa menimbulkan rentetan masalah kesehatan. Misalnya, kerusakan saraf terutama pada bayi dan anak-anak.

Selain digoreng, cara mengolah ikan lele juga bisa dibakar atau dipanggang, dan direbus untuk dijadikan sup. Agar nutrisinya makin beragam, kombinasikanlah menu ini dengan lauk-pauk lainnya.

Baca juga: Manfaat Omega 3 Bagi Ibu Hamil

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat ikan bagi kesehatan tubuh? Kamu bisa  mendiskusikan hal tersebut dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!