6 Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan

6 Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan
MAKANAN SEHAT 21 October 2017

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat serta mengandung omega-3 dan asam lemak esensial yang sangat baik untuk tubuh membuat minyak ikan dikonsumsi oleh banyak orang. Selain dengan cara mengonsumsi ikan secara langsung, minyak ikan juga dapat diperoleh dalam bentuk suplemen. Namun, hanya minyak ikan berkualitas baik lah yang mampu memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Berikut adalah cara memilih minyak ikan berkualitas.

Penelitian menemukan bahwa minyak ikan sangat baik dikonsumsi oleh pengidap penyakit jantung, karena dapat membantu menjaga kesehatan jantungnya. Minyak ikan juga terbukti memberi manfaat yang efektif untuk mencegah pembuluh darah tersumbat, mengurangi risiko keguguran, dan masih banyak lagi. Namun, pastikan kamu memilih suplemen minyak ikan berkualitas baik dan murni untuk mendapatkan manfaatnya.

1.  Keterangan Pada Label Jelas
Perhatikan keterangan yang tertera pada label. Label suplemen minyak ikan harus memberikan informasi gizi yang jelas dan spesifik. Perhatikan apakah pada label tertera kandungan asam lemak omega 3 yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung, yaitu kandungan EPA dan DHA. American Heart Association menganjurkan kepada orang yang memiliki risiko penyakit jantung koroner untuk memilih suplemen minyak ikan dengan kandungan EPA+DHA setidaknya 1 gr.

Selain itu, minyak ikan berkualitas baik juga memiliki konsentrasi asam lemak omega-3 yang bisa mencapai 70% dengan perbandingan rasio EPA dan DHA 1,4:1. Perbandingan tersebut  merupakan rasio alami yang ditemukan pada ikan. Jika hanya berbeda sedikit dari rasio tersebut, tidak apa-apa, karena sampai saat ini belum ada pembuktian mengenai rasio yang tepat.

Temukan juga informasi mengenai jenis ikan yang digunakan untuk mengekstrak minyak. Tuna, salmon, sarden dan makarel adalah jenis-jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

2.  Proses Manufaktur dan Lokasi
Tidak perlu menjadi seorang ilmuwan untuk dapat mengetahui proses manufaktur yang teruji. Kamu hanya perlu menemukan kata molecular distillation (distilasi molekuler) pada label. Selain prosesnya, hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah spesifikasi fasilitas manufakturnya. Manufaktur membutuhkan fasilitas GMP untuk produk yang diberi label grade farmasi (pharmaceutical grade). Fasilitas GMP adalah jenis fasilitas yang digunakan untuk obat yang membutuhkan resep dengan kualitas kontrol yang ketat. Ketahui juga bahwa minyak ikan yang diproduksi dekat dengan sumber ikan akan menghasilkan suplemen dengan kesegaran maksimal.

3.  Keterangan Mengenai Sumber Ikan
Melalui keterangan mengenai dari mana sumber ikan berasal, kamu juga bisa mengetahui kualitas suplemen minyak ikan tersebut. Suplemen yang menggunakan ikan yang diternakkan, memiliki kadar asam lemak omega-3 yang sangat rendah. Sedangkan ikan yang berasal dari perairan dingin laut Arctic memiliki kadar racun yang rendah dan kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

4.  Standar Internasional
Carilah suplemen minyak ikan yang berstandar Internasional. Standar yang biasa digunakan adalah yang ditetapkan oleh negara-negara Eropa yaitu European Pharmacopoeia Standard (EPS) atau International Fish Oil Standards (IFOS). Standar tersebut menjamin kualitas produk dengan menetapkan kadar maksimal yang diperbolehkan terhadap kandungan peroksida, logam berat, dioxin, fuan, dan PCB.

5.  Pilih Brand yang Terpercaya
Suplemen minyak ikan saat ini sudah menjadi suplemen yang banyak diproduksi oleh berbagai brand. Karena itu, pilihlah suplemen dari brand besar dan ternama, yang sudah mendapatkan penghargaan Internasional, daripada mencoba brand baru.

6.  Harga
Produk minyak ikan yang murni, segar dan berkualitas baik akan dihargai dengan biaya yang tidak sedikit juga. Saat ini harga suplemen minyak ikan biasanya berkisar dari Rp 200-300 ribu per botol.


Tanyakan kepada dokter berapa dosis minyak ikan yang diperlukan untuk kondisi kesehatanmu melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui metode Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Selain itu, tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa membeli suplemen minyak ikan berkualitas di Watson yang sekarang sudah terdapat di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya