• Home
  • /
  • Tidak Lezat, Buah Bit Justru Punya Banyak Manfaat

Tidak Lezat, Buah Bit Justru Punya Banyak Manfaat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Tidak Lezat, Buah Bit Justru Punya Banyak Manfaat

Halodoc, Jakarta – Bit memiliki rasa getir yang kadang buat orang tidak nyaman. Padahal, dibalik rasanya yang “tidak lezat” tersebut, bit menyimpan manfaat yang luar biasa. Bit mengandung vitamin esensial, mineral, dan senyawa tanaman yang beberapa di antaranya memiliki sifat obat.

Bit mengandung kadar antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Bit memiliki warna merah yang mencolok karena kandungan betacyanin sebagai pigmen tanaman yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melindungi sel terhadap karsinogen berbahaya. 

Bit Si Makanan Super

Selain melindungi sel, kadar serat yang tinggi dan unik pada buah bit juga dikaitkan dengan risiko kanker usus yang lebih rendah. Bit adalah sumber folat dan betaine yang baik. Kombinasi dua nutrisi tersebut bisa membantu menurunkan kadar homosistein dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang mengakibatkan peradangan yang merusak arteri.

Baca juga: Minum Jus Buah Bit Sebelum Olahraga, Apa Manfaatnya?

Bit hijau adalah sumber lutein yang baik, antioksidannya dapat membantu melindungi mata dari degenerasi makula dan katarak yang berkaitan dengan usia. Lutein pada bit juga mengandung berbagai phytochemical yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan jaringan saraf.

Atlet yang minum jus bit dicampur dengan sedikit jus apel sebelum berolahraga, ternyata memiliki daya tahan yang lebih baik dan tekanan darah istirahat yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Peningkatan kinerja diperkirakan berasal dari nitrat yang ditemukan di akar bit. Penelitian tambahan menunjukkan bahwa campuran jus bit dan jus apel bisa meningkatkan daya tahan terkhusus buat lansia yang kerap cepat merasa lelah. 

Kemudian, manfaat lain dari bit adalah asam nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak. Ditemukan fakta kalau lansia yang mengonsumsi jus bit menunjukkan memiliki lebih banyak aliran darah ke materi putih lobus frontalnya.

Buat kamu yang mengalami konstipasi alias susah buang air besar, serat pada buah bit dapat membantu menjaga sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Butuh informasi lebih lengkap mengenai manfaat buah bit, bisa ditanyakan langsung di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Olahan Tepat untuk Rasa Lebih Lezat

Bit tidak hanya bergizi, tetapi juga bisa memiliki rasa yang cukup lezat jika kamu cerdas dalam mengombinasikannya. Bit dapat dijus, dipanggang, dikukus, atau diasamkan. Jenis bit yang tepat juga dapat memberikan rasa yang lebih lezat juga. 

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Pilihlah bit yang berat untuk ukurannya dengan atasan berdaun hijau segar yang masih menempel. Nitrat diet larut dalam air, jadi yang terbaik adalah menghindari bit yang mendidih untuk memaksimalkan kandungan nitratnya.

Berikut ini beberapa cara yang lezat dan menarik untuk menambahkan lebih banyak manfaat dan rasa pada olahan bit:

  • Salad bit: bit yang diparut akan membuat tambahan yang beraroma dan berwarna-warni pada coleslaw.

  • Dip bit: bit dicampur dengan yoghurt Yunani untuk membuat saus yang lezat dan sehat.

  • Jus bit: jus bit segar adalah yang terbaik, karena jus yang dibeli di toko bisa mengandung banyak gula dan mungkin hanya mengandung sedikit bit.

  • Daun bit: daun bit dapat dimasak dan dinikmati seperti bayam, jadi jangan dibuang.

Referensi:
Reader's Digest Canada. Diakses pada 2020. What You Don’t Know About Beets: Health Benefits and Risks.
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Impressive Health Benefits of Beets.