• Home
  • /
  • Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Makanan Sehat untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Heart Foundation of Australia, disebutkan kalau salah satu langkah termudah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah normal adalah dengan mengonsumsi makanan sehat

Makanan yang kamu kita pilih setiap hari bisa memberikan dampak pada kesehatan jantung.  Mengonsumsi beragam buah dan sayuran berbagai warna dapat memberikan manfaat nutrisi yang menyehatkan. Informasi selengkapnya mengenai makanan sehat untuk tekanan darah normal, bisa dibaca di bawah ini!

Memulai Konsumsi Makanan Sehat

Tadi sudah disebutkan kalau makanan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tekanan darah. Dan dengan memulai beberapa kebiasaan pola makanan yang sehat dapat memberikan perubahan. Ini termasuk menghitung kalori dan memperhatikan ukuran porsi, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Makanan yang Aman Dikonsumsi Malam Hari

Beberapa orang tidak menyadari berapa banyak kalori yang mereka makan dan minum setiap hari. Mereka mungkin meremehkan berapa banyak yang dimakan dan bertanya-tanya mengapa tidak bisa menurunkan berat badan.

Berikut ini rekomendasi makanan sehat yang bisa kamu terapkan untuk dikonsumsi sebagai upaya menjaga tekanan darah normal:

  1. Buah

Seperti halnya sayuran, buah adalah sumber kaya kalium, magnesium, dan serat. Tambahkan buah dalam asupan harian. Contohnya, buah beri ke dalam sajian yoghurt yang disertai dengan kacang-kacangan. 

Kombinasi ini dapat menjadi makanan selingan ataupun camilan sebelum menyantap makan siang atau makan malam. Hindari buah kalengan yang umumnya sudah ditambah dengan garam ataupun gula. Ini hanya akan merusak pola makan sehat untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal. 

Baca juga: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini saat Dehidrasi

  1. Gandum Utuh

Dalam penelitian yang sama, disebutkan kalau mengonsumsi asupan tinggi gandum dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen. Pilihlah versi whole grain, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan ukuran porsi yang dimakan. 

  1. Susu Rendah Lemak

Menggabungkan pola makan sayuran, buah, dan pilihan gandum dengan mengurangi produk susu tanpa rasa lemak, seperti susu dan yoghurt dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal. 

Pilih susu, keju, dan yoghurt tanpa lemak sebagai camilan bergizi. Kamu dapat menikmati yoghurt tawar tanpa lemak dengan semangkuk sereal gandum hitam. Sebagai topping kamu bisa memberi beri dan kacang-kacangan. Tambahkan keju rendah lemak atau bisa juga irisan tomat dan alpukat sebagai opsi kombinasi topping lainnya.

  1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian sangat lezat dan bergizi. Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan lemak, protein, vitamin, dan mineral tak jenuh yang sehat. Kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan adalah bagian penting dari pola makan sehat. Cobalah untuk menyertakan kombinasi ini sebagai sajian makanan setiap hari.

Konsumsi kacang secara teratur dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) serta menstabilkan berat badan. Informasi lebih lengkap mengenai makanan sehat untuk menjaga tekanan darah normal, bisa ditanyakan langsung di Halodoc.  

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Sebenarnya, menyadari apa-apa saja yang kamu makan adalah cara terbaik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kalium, magnesium, dan serat, dapat membantu mengendalikan tekanan darah. 

Pilihlah buah dan sayuran utuh. Konsumsi jus kurang bermanfaat karena seratnya bisa hilang. Untuk menambah jumlah kalium, magnesium, dan serat alami kamu juga dapat mengonsumsi pilihan ini apel, aprikot, pisang, bit hijau, brokoli, wortel, kubis, mangga, melon, jeruk, persik, nanas, kentang, kismis, bayam, labu, stroberi, ubi jalar, jeruk keprok, tomat, dan tuna. 

 
Referensi:
Heart Foundation.org. Diakses pada 2020. Five Foods to Help Lower Blood Pressure.
WebMD. Diakses pada 2020. High Blood Pressure Diet.