• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bukan Ketupat Opor, Ini 4 Menu Buat Lebaran

Bukan Ketupat Opor, Ini 4 Menu Buat Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Hari Lebaran tentunya identik dengan kumpul keluarga dan momen makan bersama. Biasanya, beragam makanan disajikan, mulai dari makanan manis, ketupat, dan lauk opor. Tentunya, untuk tetap menjaga kesehatan optimal di hari Lebaran sebaiknya perhatikan porsi makan yang dikonsumsi agar perut tidak kembung atau kekenyangan.

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Faktanya, mengonsumsi makanan yang mengandung santan secara berlebihan dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan, seperti kenaikan berat badan, meningkatkan risiko kolesterol, hingga sembelit. Cara untuk menghindari beberapa kondisi tersebut dengan mengganti menu makanan yang lebih sehat untuk disantap bersama keluarga.

Menu Sehat saat Lebaran

Tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai menu sehat yang bisa disajikan saat hari Lebaran. Selain menghindari kamu dari berbagai gangguan penyakit, menyediakan menu makanan sehat dapat menjadi cara untuk mengajak seluruh keluarga mulai menjalani pola makan sehat.

Berikut ini menu sehat yang bisa dihidangkan saat hari Lebaran untuk keluarga, yaitu:

1. Sayur Sop

Siapa yang tidak suka dengan sayur sop? Sayur sop menjadi salah satu makanan yang terbuat dari berbagai jenis sayuran di dalamnya. Umumnya, sayur sop terbuat dari wortel dan kentang. Kemudian kamu bisa menambahkan sayur buncis, atau protein hewani seperti daging ayam atau daging sapi.

Melansir Live Strong, mengonsumsi sayur sop dapat memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dan menjaga berat badan tetap stabil. Jadi, menyediakan sayur sop saat Lebaran tidak membuat kamu khawatir masalah berat badan ke depannya.

Baca juga: Kenali 6 Makanan Kekinian yang Lezat dan Bergizi

2. Ikan

Tidak hanya pada perayaan Imlek saja, kamu bisa sajikan ikan pada hari Lebaran. Berbagai cara penyajian dan jenis ikan bisa menjadi pilihan menu yang sehat Melansir Healthline, ikan menjadi salah satu makanan yang paling sehat. Ikan adalah sumber vitamin D dan protein. Rutin mengonsumsi ikan dapat menghindari kamu dari penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan fungsi otak.

3. Buah-Buahan

Tidak ada salahnya mengganti kue-kue manis dengan salad buah. Melansir Medical News Today, rutin mengonsumsi buah dapat memenuhi kebutuhan mineral maupun vitamin dalam tubuh. Buah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kamu dapat menyajikan berbagai jenis buah saat hari Lebaran untuk menggantikan camilan kue-kue manis, seperti anggur, pisang, apel, atau jeruk. Kamu juga dapat menyajikan buah dalam bentuk salad agar lebih menarik.

4. Ketupat Beras Merah

Jika masih menginginkan mengonsumsi ketupat di hari Lebaran, tidak ada salahnya mencoba membuat ketupat dengan menggunakan beras merah. Melansir Live Science, beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, penyakit jantung, dan stroke. Beras merah mengandung vitamin B tinggi, zat besi, dan juga magnesium. Jangan khawatir, rasa ketupat beras merah dengan beras putih pun sama lezatnya.

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 3)

Itulah menu sehat yang bisa kamu sajikan saat hari Lebaran bersama dengan keluarga. Kamu dapat gunakan aplikasi Halodoc untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami saat berkumpul dengan keluarga di hari Lebaran agar keluhan yang dirasakan dapat diatasi dengan baik.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. Brown Rice: Health Benefits and Nutrition Facts
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top 12 Healthful Fruits
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Evidence Based Health Benefits of Eating Fish
Live Strong. Diakses pada 2020. Is Vegetable Soup Healthy?