Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 3)

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 3)

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menurunkan berat badan. Sebab, kunci utama untuk menghindari berat badan berlebih adalah dengan menjaga keseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang keluar. Saat ingin menurunkan berat badan, disarankan juga agar kalori yang masuk dari makanan tidak lebih banyak dari kalori yang keluar dari tubuh saat beraktivitas. 

Membatasi jumlah kalori dari makanan yang masuk ke dalam tubuh memang hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Sebab, tidak semua jenis makanan bisa dengan mudah dicerna tubuh dan beberapa malah bisa menyebabkan berat badan tidak kunjung turun atau malah mengalami kenaikan. Mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi salah satu pilihan, sebab beberapa jenis makanan ini cenderung mudah dicerna dan bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Jenis-Jenis Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan 

Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Berikut ini 10 makanan sehatnya: 

1. Flaxseed 

Makanan sehat yang satu ini bisa membantu menurunkan berat badan karena kaya akan kandungan serat. Tak hanya itu, flaxseed juga banyak mengandung lemak baik, seperti asam lemak omega-3, karbohidrat, protein, serta vitamin dan mineral. Selain menurunkan berat badan, makanan ini juga bisa memberi manfaat sehat pada tubuh secara keseluruhan. 

2. Ikan Flounder

Makanan laut sudah lama dikenal memiliki segudang manfaat sehat untuk tubuh. Kalau kamu tengah berusaha menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi ikan flounder. Dalam satu takaran saji, flounder hanya memiliki kandungan 100 kalori. Makanan sehat ini mengandung 14 gram protein, sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan. 

3. Grass-fed Beef 

Bagi pencinta daging, kamu tetap bisa menikmatinya meski sedang diet. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berusaha menurunkan berat badan adalah daging sapi yang diberi makan rumput alias grass-fed beef. Jenis makanan ini kaya akan conjugated kinokeic acid (CLA). 

4. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan. Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa membantu proses penurunan berat badan lebih cepat. 

Baca juga: Ini Makanan Sehat yang Tepat Jika Ingin Usus Sehat

5. Hemp Seed

Hemp seed alias biji fumayin juga disebut baik untuk proses penurunan berat badan. Makanan ini kaya akan kandungan protein dan omega-3 yang bisa membantu menurunkan berat badan. 

6. Yoghurt 

Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi yoghurt yang tinggi kandungan protein. Konsumsi yogurt juga sudah lama dikenal bisa memberi manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. 

7. Kale 

Kale juga disarankan untuk dikonsumsi orang-orang yang tengah menurunkan berat badan. Jenis sayuran ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. 

8. Kelp 

Salah satu jenis rumput laut ini ternyata mengandung banyak manfaat untuk tubuh, termasuk menurunkan berat badan. Kelp banyak mengandung mineral, seperti kalsium dan yodium. Jenis makanan ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah. 

9. Teh Kombucha 

Teh kombucha merupakan hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan dengan starter mikroba. Rutin mengonsumsi jenis teh ini disebut bisa membantu menurunkan berat badan. 

10. Daging Rendah Lemak 

Daging rendah lemak disarankan untuk masuk dalam menu makanan diet. Jenis makanan ini tidak hanya sehat, tetapi juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention (2019). 50 Best Foods for Weight Loss, According to Dietitians and Doctors.
Mayo Clinic (2019). What is kombucha tea? Does it have any health benefits?