Cara Aneh yang Efektif untuk Atasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Cara Aneh yang Efektif untuk Atasi Insomnia

Halodoc, Jakarta – Gangguan tidur di malam hari alias insomnia adalah kondisi yang umum dan bisa terjadi pada siapa saja. Hal ini menyebabkan pengidapnya sulit untuk tidur atau tidak cukup tidur meski memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut. Insomnia jarang dikaitkan dengan kronis, tetapi kondisi ini bisa sangat mengganggu. Orang yang sering mengalami insomnia umumnya akan melakukan apa saja untuk mengembalikan pola tidur normal.

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 8 jam dalam satu hari. Kualitas tidur bisa memengaruhi aktivitas, produktivitas, kualitas hidup, hingga kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mengatasi insomnia biasanya dilakukan dengan pengobatan medis serta terapi perilaku kognitif. Selain kedua cara itu, ternyata masih ada beberapa jenis terapi atau tips lain untuk mengatasi insomnia, mulai dari terapi yang sederhana hingga cara-cara yang cenderung aneh. 

Baca juga: Alami Insomnia, Atasi dengan 7 Langkah Ini

Cara Tak Terduga untuk Mengatasi Insomnia 

Insomnia tidak boleh dianggap sepele dan harus segera ditangani. Gangguan tidur yang berlangsung dalam jangka panjang tidak hanya akan memengaruhi kualitas tidur, tetapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seluruhnya. Jika mengalami insomnia berkepanjangan, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Meski jarang, sulit tidur pada malam hari ternyata juga bisa jadi gejala dari penyakit tertentu. 

Kamu juga bisa berbicara dan menyampaikan keluhan seputar insomnia kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips melawan insomnia dari dokter terpercaya. Download aplikasinya di App Store dan Google Play. Selain dengan pengobatan medis, ternyata ada beberapa cara unik yang mungkin tidak terduga, tetapi efektif mengatasi insomnia.

1. Lawan Rasa Kantuk 

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi mengatasi insomnia ternyata bisa dilakukan dengan melawan rasa kantuk di malam hari, lho. Cara ini disebut bisa membantu merangsang rasa kantuk. Sama seperti saat kamu menahan atau melawan rasa kantuk di siang hari, melakukan cara yang sama pada malam hari disebut-sebut malah bisa membuat tubuh dan mata mengantuk. Memberi sugesti tubuh untuk melawan kantuk malah akan membuat otak menerjemahkannya sebagai bentuk perintah untuk tidur.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

2. Dengarkan Suara Napas 

Orang yang mengalami insomnia sering disarankan untuk mendengarkan musik sebelum tidur. Tapi ada cara aneh yang disebut lebih efektif untuk mengatasi gangguan tidur, yaitu dengan mendengarkan suara napas. Saat kesulitan tidur, cobalah untuk memfokuskan tubuh dan dengar serta rasakan setiap tarikan dan embusan napas sendiri. Cara ini disebut bisa membuat tubuh lebih tenang dan mudah untuk tertidur. 

3. Putar Bola Mata 

Sudah memejamkan mata, tetapi rasa kantuk tak kunjung datang. Kalau ini yang terjadi, cobalah untuk memutar bola mata tiga kali dalam keadaan mata tertutup. Cara ini disebut bisa merangsang hormon tidur dan bisa membuat rasa kantuk cepat datang. 

Baca juga: Sama-Sama Gangguan Tidur, Ini Beda Insomnia dan Parasomnia

4. Lemaskan Tubuh 

Salah satu kunci untuk cepat tertidur adalah dengan membuat tubuh merasa tenang atau rileks. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menekuk jari kaki. Lakukan hal ini dengan posisi berbaring terlentang dan kaki menghadap ke atas. Setelah itu, lekukan jari-jari kaki kemudian lepaskan kembali. Kamu juga melakukan cara ini pada jari-jari tangan dan ulangi sampai tubuh merasa santai serta tenang. Atur juga pernapasan agar lebih rileks dan rasa kantuk cepat datang.