Alami Insomnia, Atasi dengan 7 Langkah Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Alami Insomnia, Atasi dengan 7 Langkah Ini

Halodoc, Jakarta – Kualitas tidur seseorang memengaruhi kualitas hidup. Tidak hanya kualitas hidup, sering mengalami gangguan tidur memengaruhi kesehatan seseorang. Gangguan tidur atau insomnia yang tidak dapat ditangani dapat menyebabkan gangguan mental dan juga fisik seseorang.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Umumnya, seseorang memerlukan waktu tidur selama 8 jam dalam satu hari. Gangguan kesehatan seperti radang sendi, asma, dan depresi dapat dialami seseorang yang terlalu sering mengalami gangguan tidur.

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang yang mengalami insomnia, seperti mudah lelah saat beraktivitas, sering merasakan kondisi ngantuk pada siang hari, dan sulit fokus saat beraktivitas.

Kenali penyebab insomnia yang mengganggu pola tidur, agar kondisi ini bisa diatasi. Insomnia dapat dialami oleh siapa saja, namun kondisi gangguan tidur ini sering terjadi pada seseorang di usia produktif hingga lanjut usia. Tidak hanya itu, seseorang yang mengalami gangguan kesehatan juga rentan mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia, yaitu:

  1. Stres.

  2. Depresi.

  3. Gaya hidup yang tidak sehat.

  4. Pengaruh obat-obatan tertentu.

Pengobatan Insomnia

Simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah insomnia secara alami, yaitu:

1. Mendapatkan Sinar Matahari Pagi

Jangan ragu untuk melakukan berjemur pada pagi hari. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan berjemur, salah satunya untuk mengurangi gangguan tidur yang dialami. Menikmati sinar matahari pagi selama 5 hingga 10 menit meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, berjemur juga meningkatkan jumlah vitamin D yang ada dalam tubuh.

2. Melakukan Olahraga

Tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan, rutin melakukan olahraga juga menurunkan risiko seseorang mengalami insomnia. Dengan melakukan olahraga kamu bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan terhindar dari gangguan tidur atau insomnia.

3. Hindari Tidur Siang

Jika kamu sering mengalami kondisi insomnia, hindari melakukan tidur pada siang hari. Kebiasaan ini akan menyebabkan kamu semakin kesulitan tidur pada malam hari.

Baca juga: Stres dan Insomnia Picu Mimpi Buruk pada Orang Dewasa

4. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein pada Malam Hari

Hindari asupan minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi pada malam hari menjelang waktu tidur. Kafein merupakan bahan kimia yang bermanfaat sebagai stimulan alami dalam tubuh. Kafein meningkatkan adrenalin dalam darah yang menyebabkan seseorang merasakan lebih segar setelah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

5. Mandi dengan Air Hangat

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan insomnia adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Efek air hangat yang digunakan memberikan dampak relaksasi pada tubuh.

6. Hindari Penggunaan Gadget

Hindari penggunaan gadget ketika memasuki waktu tidur. Meskipun sulit, kegiatan ini cukup ampuh menghilangkan gangguan tidur atau insomnia. Cahaya yang keluar dari gadget menyebabkan rangsangan pada otak yang mengakibatkan sulit tidur.

7. Mengonsumsi Buah Kiwi

Buah kiwi baik untuk dikonsumsi ketika mengalami insomnia. Buah kiwi mengandung melatonin yang cukup tinggi. Kandungan melatonin merupakan zat yang membantu untuk mendapatkan waktu tidur dengan baik.

Jika dampak dari kondisi insomnia telah mengganggu aktivitas sehari-hari tidak ada salahnya untuk segera berkunjung ke dokter. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc. Selain itu kamu juga bisa melakukan tanya langsung dokter dengan download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca juga: Sama-Sama Gangguan Tidur, Ini Beda Insomnia dan Parasomnia