• Home
  • /
  • Perlu Tahu, Ini Cara Atasi Gejala Radang Tenggorokan

Perlu Tahu, Ini Cara Atasi Gejala Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perlu Tahu, Ini Cara Atasi Gejala Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Memasuki musim hujan, beberapa penyakit rentan menyerang tubuh. Di antaranya adalah flu, batuk, dan radang tenggorokan. Beberapa penyakit tersebut bisa menyebabkan pengidapnya mengalami rasa tidak nyaman, begitupun dengan radang tenggorokan.

Gangguan radang tenggorokan ini tentu sebaiknya tidak dibiarkan. Kamu perlu mengatasinya sesegera mungkin agar tidak semakin parah. Cobalah beberapa cara berikut untuk mengatasi radang tenggorokan!

1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. Penggunaan garam dapat membantu mengeluarkan lendir dari jaringan yang bengkak dan meradang, serta membantu meredakan rasa tidak nyaman. 

Cobalah menggabungkan seperempat hingga setengah sendok teh garam meja dengan 4 hingga 8 on air hangat. Kemudian, aduk hingga garam larut dengan air. Setelah itu, berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi berkumur dengan garam beberapa kali setiap harinya. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Umum Terjadinya Radang Tenggorokan

2. Hisap Permen Mentol

Beberapa tablet permen mentol pereda radang tenggorokan dijual bebas. Permen ini mengandung bahan yang dapat mematikan jaringan di tenggorokan. Permen ini dapat memberi bantuan sementara dari sensasi terbakar dan nyeri. Dalam keadaan darurat, permen dapat memiliki efek yang sama. 

Permen dan obat batuk meningkatkan produksi air liur dan membantu melumasi tenggorokan. Meski begitu, permen pelega tenggorokan tidak bisa mengobati radang tenggorokan sepenuhnya.

3. Pereda Nyeri OTC

Virus menyebabkan sebagian besar sakit tenggorokan. Virus dapat diobati dengan antibiotik, yang hanya membunuh bakteri. Obat antiinflamasi nonsteroid (OTC) seperti ibuprofen atau naproxen dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokan. 

Obat-obatan tersebut juga bisa menghilangkan rasa sakit atau gatal. Kamu juga bisa mendapatkan resep obat radang tenggorokan dengan bertanya pada dokter di Halodoc. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa membeli obat tanpa perlu keluar rumah. Praktis kan?

Baca juga: Tanpa Obat, Ini Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

4. Minum Madu Hangat

Teh hangat yang ditambahkan madu dapat membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Teh juga membuat kamu tetap terhidrasi, yang merupakan langkah penting lainnya dalam mengobati sakit tenggorokan. Pilihlah teh hijau sebagai campurannya, karena teh hijau berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, mengurangi peradangan, dan sumber antioksidan. 

5. Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah bagian penting dari perawatan sakit tenggorokan. Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat  memproduksi air liur dan lendir yang cukup untuk menjaga agar tenggorokan tetap terlumasi secara alami. Hal ini akan membuat pembengkakan dan peradangan bertambah parah. Air merupakan pilihan yang baik, sama seperti teh hangat atau sup hangat.

6. Gunakan Pelembap Udara

Menghirup udara lembap dapat membantu menenangkan jaringan yang bengkak di hidung dan tenggorokan. Nyalakan humidifier untuk menambah jumlah kelembapan di kamar. Kamu dapat membeli humidifier di toko perabotan rumah tangga. 

Baca juga: Mudah Menular, Ini 5 Penyebab Radang Tenggorokan

Cegah Paparan Kuman Penyebab Radang Tenggorokan

Salah satu cara untuk mencegah paparan kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan adalah dengan mencuci tangan dengan air hangat dan sabun sepanjang hari. Jika kamu tidak memiliki akses ke wastafel, gunakan pembersih tangan seperti hand sanitizer atau tisu basah untuk sementara. Cuci tangan setiap kali menyentuh permukaan seperti gagang pintu atau keyboard, setelah berjabat tangan, atau terpapar pada orang yang batuk atau bersin.

Cobalah untuk menghindari berada di sekitar siapa pun yang sedang sakit. Jangan berbagi barang pribadi seperti sikat gigi, kacamata, dan peralatan lainnya. Pertahankan daya tahan tubuh dengan makan yang benar, tidur cukup, dan olahraga.

Referensi:
Health Line. Diakses pada 2019. Help for Sore Throats