Cara Membedakan Gejala Hepatitis dan Tipes

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cara Membedakan Gejala Hepatitis dan Tipes

Halodoc, Jakarta – Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada kesehatan, ketika kamu mengalami beberapa gejala gangguan pada kesehatan seperti mual, muntah, pusing dan nafsu makan yang berkurang. Pemeriksaan dilakukan guna memastikan penyebab yang membuat tubuh kamu mengalami gejala tersebut.

Baca juga: Yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

Umumnya mual, muntah dan pusing akan dialami oleh pengidap tipes. Namun, faktanya tidak hanya tipes yang menyebabkan gejala tersebut. Penyakit lain seperti hepatitis juga memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit tipes. Sebaiknya ketahui perbedaan dari gejala penyakit hepatitis atau penyakit tipes.

Ketahui Penyakit Tipes dan Penyakit Hepatitis

Penyakit tipes, yang dikenal dengan tifus atau demam typhoid ini adalah penyakit yang disebabkan infeksi akut yang disebabkan paparan bakteri salmonella. Biasanya, seseorang mengalami penyakit tipes akibat mengonsumsi makanan yang sudah terpapar oleh bakteri Salmonella typhi

Bakteri Salmonella typhi berdiam dan berkembang di dalam usus halus pengidap tipes. Biasanya, pengidap tipes mengalami gejala tipes setelah 14 hari terpapar bakteri Salmonella typhi. Lalu bagaimana dengan penyakit hepatitis?

Hepatitis adalah peradangan akibat infeksi virus, bakteri, dan parasit yang menyerang sel-sel hati manusia. Tidak hanya virus dan bakteri, pengonsumsian alkohol dan penyakit autoimun juga menyebabkan seseorang mengalami hepatitis.

Pada penyakit hepatitis, penularan terhadap penyakit ini beragam sesuai dengan jenis hepatitis yang dialami oleh pasien. Pada hepatitis A dan E, penularan terjadi akibat mengonsumsi makanan yang kotor dan terpapar bakteri penyebab hepatitis, sanitasi yang buruk serta kebersihan tubuh yang tidak terjaga.

Sedangkan hepatitis B dan C, penularannya disebabkan kontak dengan cairan tubuh pengidap hepatitis. Tidak ada salahnya untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh agar kamu terhindar dari penyakit hepatitis maupun tipes.

Baca juga: Sudah Sembuh, Gejala Tipes Bisa Datang Lagi?

Ini Beda Gejala Tipes dan Hepatitis

Jika diperhatikan, gejala penyakit tipes dan hepatitis hampir memiliki kesamaan. Mual, muntah, pusing, penurunan nafsu makan, perut nyeri dan demam menjadi gejala umum dari kedua penyakit tersebut. Sebaiknya perhatikan perbedaan kedua gejala penyakit ini agar pengobatan dapat dilakukan dengan baik.

Perbedaan gejala penyakit hepatitis dan penyakit tipes karena adanya kondisi kuning atau jaundice pada pengidap hepatitis. Jaundice, yang dikenal dengan icterus adalah kondisi tubuh mengalami penurunan bilirubin. Pengidap tipes nyatanya tidak mengalami penurunan bilirubin, namun biasanya gejala lain dari penyakit tipes adalah munculnya bintik merah pada sekitar dada pengidap tipes.

Meskipun sama-sama memiliki gejala demam, suhu tubuh yang menyebabkan demam pada pengidap hepatitis terlihat stabil. Pada pengidap tipes, biasanya suhu tubuh cenderung meningkat pada sore hari hingga malam hari. 

Segera periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat ketika kamu atau kerabat mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda utama dari kedua penyakit ini. Diagnosis yang lebih cepat dapat memengaruhi pengobatan yang akan dilakukan.

Lakukan Ini untuk Cegah Tipes Maupun Hepatitis

Penyakit tipes dapat diatasi dengan penggunaan obat berjenis antibiotic, sedangkan hepatitis diatasi sesuai dengan kondisi hepatitis yang dialami oleh pasien. Pemenuhan gizi dan penggunaan obat bisa menjadi beberapa cara menangani kondisi hepatitis.

Sebaiknya lakukan pencegahan terhadap penyakit tipes maupun hepatitis, tipes, dan hepatitis jenis A serta E dapat dicegah dengan menjaga kebersihan tubuh serta lingkungan.

Sedangkan untuk hindari penyakit hepatitis B, C dan D, hindari kontak langsung dengan pengidap hepatitis jenis ini. Penyakit hepatitis jenis ini dapat menular ketika terpapar cairan tubuh dari pengidap.

Baca juga: Fakta Tentang Penyakit Hepatitis

Referensi:
Summit Travel Health (Diakses pada 2019). Hepatitis A and Typhoid Fever: Similarities and Differences
Mayo Clinic (Diakses pada 2019). Hepatitis Toxic