• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengasuh Anak sambil Menjalani Kehamilan

Cara Mengasuh Anak sambil Menjalani Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Hamil bisa jadi momen yang cukup berat, terutama selama trimester pertama. Seringnya, wanita juga mengalami perubahan emosi, lekas marah, dan perubahan suasana hati. Mereka akan sangat lelah, dan kemudian mengalami morning sickness setiap pagi. Alhasil, hanya ada sedikit energi untuk merawat anak yang lain. Namun, tak perlu khawatir, karena kebanyakan ibu berhasil melalui hal ini. 

Apakah kamu masih ingat momen pertama kali hamil? Kamu mungkin akan tidur siang kapan pun kamu bisa. Mungkin kamu juga tidak memerhatikan kondisi rumah dan fokus pada perawatan diri sendiri. Namun, ini tidak akan terjadi jika kamu hamil untuk yang kedua kali saat memiliki balita. Kamu harus mampu merawatnya sehingga tidak mudah bagi kamu untuk mendapatkan waktu tidur siang. 

Baca juga: Ini Alasan Anak Tolak Memiliki Adik Bayi 

Tips Merawat Balita Saat Sedang Hamil

Jika kamu tengah hamil kedua dan juga harus merawat balita, ada beberapa tips mengasuh anak yang bisa kamu lakukan: 

Ubah Jadwal

Jika kamu paham betul bahwa pagi adalah waktu terburuk untuk bisa beraktivitas, maka coba rencanakan atau lakukan kegiatan lebih banyak pada malam hari. Jika kamu mengalami insomnia kehamilan, ini bahkan mungkin lebih bermanfaat untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas saat orang lain di rumah sedang tertidur. Ubahlah jadwal mengurus rumah misalnya pada malam hari, dan pada siang hari kamu jadi bisa hanya fokus mengurus balita. 

Turunkan Ekspektasi

Ingatlah bahwa kamu akan sangat sibuk saat hamil dan mengurus anak balita. Kamu perlu memerhatikan gizi untuk calon bayi dan balita, jadi jangan malas meskipun hal ini akan sangat melelahkan.

Oleh karena itu, biarkan dirimu sedikit kendur dalam hal beberapa tugas rumah tangga. Jika kamu memerlukan waktu dua minggu untuk mengganti seprai atau jika kamu membiarkan cucian sedikit menumpuk, rumah tidak akan menjadi sangat berantakan. Jika kamu sudah merasa tidak mampu melakukannya sendiri, mintalah pasangan untuk membantumu.

Baca juga: Cara Agar Anak Pertama Siap Jadi Kakak

Longgarkan Aturan

Kamu tidak akan mungkin bisa dengan santai untuk tidur siang atau mandi air hangat saat hamil dan memiliki balita. Namun, jika kamu membutuhkan waktu untuk melakukan hal lain, coba manfaatkan media seperti televisi atau gadget untuk membuat balita terhibur selagi kamu melakukan pekerjaan.

Memang penggunaan gadget yang berlebihan dikaitkan erat dengan masalah mental dan perilaku anak kecil, namun bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya sama sekali bukan? Jadi, kamu tidak bisa selamanya menganggap penggunaan gadget buruk untuk balita, padahal jika dalam kondisi seperti ini, mereka bisa menjadi penolong sambil tetap mengawasinya. 

Minta Bantuan Orang Lain 

Jika kamu merasa butuh istirahat, kamu bisa meminta pasangan untuk melakukan pekerjaan untukmu. Atau bisa saja kamu memberikan tugas tambahan untuknya seperti mencuci pakaian, atau memasak.

Jika pasangan juga terlalu sibuk dengan pekerjaannya, kamu juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga. Apabila kamu memiliki anggaran yang cukup, meminta bantuan pengasuh atau asisten rumah tangga juga bisa jadi pilihan. 

Jadikan Tantangan

Memiliki balita saat sedang hamil adalah peluang besar untuk melatih kreativitas dan belajar bagaimana menangani berbagai tanggung jawab. Kamu harus belajar menyeimbangkan merawat anak saat merawat diri sendiri dan calon bayi. Ini terkadang merupakan pelajaran yang sulit untuk dipelajari orang tua. Jangan lupa bahwa merawat diri juga sama pentingnya, terutama dalam kehamilan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Babysitter dalam Mengasuh Anak

Ingat, kehamilan hanya berlangsung selama 40 minggu, tetapi ini bisa saja terasa lebih lama. Pahami bahwa kamu pasti akan mengalami hari baik dan hari yang buruk. Minta bantuan saat membutuhkannya dan jangan lupa untuk tetap merawat diri.

Kamu bisa meminta saran psikolog di Halodoc mengenai cara merawat anak yang tepat selagi kamu hamil. Ambil segera smartphone kamu dan nikmati kemudahan berbicara dengan psikolog hanya melalui genggaman.

Referensi:
American Academy of Family Physicians. Diakses pada 2020. Taking Care of You and Your Baby While You’re Pregnant.
Very Well Family. Diakses pada 2020. Survive Your Second Pregnancy When You Have a Toddler.