• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mudah Meredakan Kaki Bengkak

5 Cara Mudah Meredakan Kaki Bengkak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kaki bengkak bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana di rumah. Pada kondisi yang ringan, kaki bengkak bisa ditangani dengan: 

1. Tinggikan Kaki 

Saat sedang dalam posisi berbaring, cobalah untuk mengangkat atau meninggikan kaki yang bengkak. Kamu bisa mencoba meletakkan kaki ke dinding atau gunakan bantal sebagai alas di bawah kaki agar terasa lebih nyaman. 

2. Hindari Pakaian Ketat 

Saat kaki bengkak, hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Selain membuat tidak nyaman, hal ini malah bisa membuat pembengkakan bertambah parah serta memperlambat penyembuhan.

3. Jangan Berdiri Terlalu Lama 

Hindari berdiam diri, misalnya berdiri atau duduk terlalu lama karena bisa menyebabkan pembengkakan semakin parah. Pastikan untuk tetap menggerakkan kaki, terutama saat mulai terasa tidak nyaman. 

4. Kontrol Berat Badan 

Kelebihan berat badan alias obesitas bisa menjadi salah satu penyebab kaki bengkak. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari hal ini dengan mengontrol berat badan. Tidak hanya kaki bengkak, obesitas nyatanya bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit menyerang.

Baca juga: Kaki Mendadak Bengkak? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

5. Kurangi Asupan Garam 

Salah satu cara mengatasi kaki bengkak adalah dengan membatasi asupan garam, gula, dan lemak. Nyatanya, jenis makanan yang mengandung bahan tersebut bisa meningkatkan risiko tumpukan cairan di tubuh yang berujung pada kaki bengkak. 

Penyebab Kaki Bengkak 

Secara umum, kaki bengkak disebabkan oleh adanya penumpukan cairan pada tubuh (edema) di kaki. Selain itu, pembengkakan pada kaki juga bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan seseorang. Ada kondisi yang bisa menjadi penyebab kaki bengkak, di antaranya: 

  • Kehamilan 

Salah satu kondisi yang bisa menyebabkan kaki bengkak adalah kehamilan. Hal ini sebenarnya wajar terjadi, akibat pembuluh darah besar di pangkal paha menerima tekanan dari bayi yang dikandung. Hal itu yang mengakibatkan kaki bengkak akan terjadi pada masa-masa akhir kehamilan. Namun, kondisi ini sebaiknya tidak dianggap sepele, terutama jika kaki bengkak terjadi dalam jangka panjang dan menyerang hampir seluruh bagian kaki. 

Baca juga: Aktivitas Seharian Bisa Bikin Kaki Bengkak, Ini Sebabnya

  • Cedera 

Kaki bengkak juga bisa terjadi akibat cedera pada pergelangan kaki. Kondisi ini menyebabkan pita penghubung antar tulang, yaitu ligamen meregang melampaui batas normal. Hal itu yang kemudian menjadi penyebab kaki bengkak. 

  • Limfedema 

Pembengkakan pada kaki juga bisa terjadi karena limfedema, yaitu kondisi medis akibat gangguan pada pembuluh getah bening. Penyakit ini menyebabkan terhambatnya peredaran cairan di kaki. Hal itu yang mengakibatkan cairan menumpuk dan membuat kaki bengkak. 

  • Infeksi 

Umumnya, kaki bengkak akibat infeksi rentan menyerang pengidap diabetes. Bengkak pada kaki sama sekali tidak boleh dianggap sepele. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami kaki bengkak disertai lecet atau luka pada area tersebut. 

  • Penyakit Tertentu

Selain diabetes, ada penyakit tertentu yang juga bisa meningkatkan risiko kaki bengkak. Kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit, seperti gangguan ginjal, jantung, serta organ hati. Gangguan pada ginjal bisa menurunkan fungsi organ tersebut dan menumpuk cairan pada kaki yang akhirnya berujung pada pembengkakan. 

  • Pembekuan Darah

Pembekuan darah bisa terjadi pada pembuluh darah, termasuk di kaki. Kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab pembengkakan pada kaki karena ada penumpukan darah beku pada area tersebut. 

Baca juga: Adakah Cara Alami Redakan Kaki Bengkak?

Cari tahu lebih lanjut seputar kaki bengkak dan apa saja penyebabnya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Swelling in Your Foot, Leg, and Ankle.
Web MD. Diakses pada 2020. Swollen Ankles and Feet.
Baby Centre. Diakses pada 2020. Swelling (natural remedies).