Kaki Mendadak Bengkak? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kaki Mendadak Bengkak? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Halodoc, Jakarta - Kaki menjadi bengkak tanpa tahu penyebabnya? Sebenarnya, kaki bengkak itu selalu ada penyebabnya, tidak serta merta terjadi tanpa alasan. Namun, pastinya kaki yang bengkak itu tidak nyaman dan terkadang mengganggu penampilan, ya! Kamu harus tahu, jika kaki kamu membengkak dengan adanya gejala lain yang turut muncul, bisa jadi ini adalah tanda penyakit. 

Kaki bengkak menjadi suatu indikasi kondisi kesehatan, baik itu ringan sampai yang sifatnya serius. Lalu, apa saja sih sebenarnya penyebab kaki bengkak? Berikut di antaranya: 

  • Hamil

Perubahan hormonal dan fisik ibu membuat ibu hamil mengalami pembengkakan pada kaki. Kondisi ini sering terjadi karena janin di dalam kandungan semakin berkembang dan menekan pembuluh darah. Kondisi ini normal adanya, asalkan tidak terjadi secara mendadak dan berlebihan. Sayangnya, kaki bengkak juga bisa menjadi indikasi dan gejala dari preeklampsia, kelainan kehamilan yang biasanya terjadi di usia kehamilan 20 minggu. 

Baca juga: Kaki Bengkak saat Hamil? Ini Cara Mengatasinya

  • Cedera pada Kaki

Salah melangkah atau terkilir pada bagian pergelangan kaki bisa membuat kaki mengalami pembengkakan, biasanya disertai rasa nyeri ketika bagian yang terkilir disentuh atau ditekan. Salah melangkah bisa membuat ligamen kaki mengalami pergeseran, tetapi kamu bisa meringankan rasa sakit dan tidak nyaman yang timbul dengan mengompresnya menggunakan es batu. 

  • Edema Perifer

Penyebab kaki bengkak yang lain adalah penyakit edema perifer. Kelainan ini terjadi karena cairan yang ada di dalam darah keluar dari kapiler dan menumpuk di dalam jaringan. Kondisi ini disebabkan kelebihan berat badan, berdiri terlalu lama atau duduk terlalu lama, cuaca yang menghangat, dan sedang menstruasi bagi wanita. 

Baca juga: Ketahui Penyakit Kaki yang Umum Terjadi pada Lansia

Kalau kamu mengalaminya, jangan tunda untuk segera melakukan pengobatan. Hubungi dan buat janji dengan dokter langganan kamu di rumah sakit mana saja yang terdekat dengan tempat tinggalmu, jadi kamu tidak perlu lagi mengantre. Pengobatan dini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang bisa saja semakin buruk. 

  • Infeksi Tertentu

Infeksi bisa menyebabkan kaki mengalami pembengkakan, biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki diabetes neuropati yang ditandai dengan saraf yang telah mengalami gangguan, terutama saraf di bagian kaki. Kaki pengidap diabetes neuropati sudah tidak peka terhadap sensasi apapun, sehingga infeksi pada bagian ini lebih mungkin terjadi. 

  • Insufisiensi Vena

Insufisiensi vena terjadi ketika darah tidak lagi mampu bergerak naik dari pembuluh darah di kaki menuju ke jantung. Kondisi ini terjadi karena katup pada pembuluh darah vena mengalami perlemahan atau gangguan lainnya. Akibatnya, darah kembali lagi ke tubuh bagian bawah dan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada kaki yang mengacu pada borok, infeksi, dan perubahan kulit. 

Baca juga: Kenali Bursitis, Penyebab Sendi Membengkak

  • Darah Membeku dan Menggumpal

Pembekuan darah dan penggumpalan darah pada bagian kaki membuat darah terhambat untuk mengalir kembali ke jantung, dan membuat kaki membengkak. Kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter apabila pembengkakan kaki ini diikuti dengan demam, rasa nyeri, dan berubahnya warna kulit pada kaki. 



Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. What Causes Swollen Ankles and Feet?
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Leg Swelling.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. What You Should Know About Swelling in Your Legs.