• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Juli 2021
Cara Mudah Meredakan Nyeri Otot di Rumah

“Nyeri otot bukanlah penyakit, melainkan gejala dari gangguan kesehatan tertentu. Penyebabnya sendiri sangat beragam, mulai dari postur tubuh yang salah, melakukan gerakan tidak tepat, cedera otot, atau penyakit tertentu. Jika terjadi dalam intensitas yang ringan, kamu dapat meredakan nyeri otot di rumah dengan beberapa langkah ini.”

Halodoc, Jakarta – Nyeri otot memiliki nama medis lain, yaitu myalgia. Gangguan kesehatan ini pernah dialami semua orang setidaknya sekali seumur hidup, dan bisa saja muncul di seluruh otot pada tubuh, seperti otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis. Rasa nyerinya sendiri dapat digambarkan, seperti kram, rasa kaki, tertarik, atau nyeri saat disentuh. Jika terjadi dalam intensitas yang ringan, kamu dapat meredakan nyeri otot dengan beberapa cara berikut ini:

Baca juga: Pilihan Obat untuk Mengatasi Nyeri Otot

1. Melakukan Peregangan  

Peregangan menjadi langkah pertama dalam meredakan nyeri otot. Cara yang satu ini dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot kaku yang memicu nyeri otot.

2. Melakukan Pijat

Pijat mampu merangsang sel pada otot untuk membuat lebih banyak energi, sehingga nyeri lebih cepat pulih. Namun perlu diperhatikan, pijat tidak boleh dilakukan di bagian leher hingga tulang ekor, karena bisa saja menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit.

Baca juga: Ini Langkah Sederhana untuk Meredakan Nyeri Otot

3. Kompres Air Dingin

Kompres air dingin mampu mengurangi aliran darah menuju otot yang nyeri. Hal tersebut membuat peredaran darah yang menyebabkan rasa nyeri akan terhenti, sehingga rasa nyeri pun dapat diatasi. Cara ini dapat dilakukan dengan membalut es batu dengan kain, dan kompres di bagian rasa nyeri selama 15–20 menit.

4. Rutin Beryoga dan Meditasi

Kedua olahraga tersebut memang terlihat mudah, tetapi mampu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, sehingga terhindar dari cedera. Selain itu, yoga dan meditasi mampu menurunkan tingkat stres, serta menurunkan risiko obesitas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan secara teratur, ya.

5. Konsumsi Air Putih

Menjaga tubuh terhidrasi dengan baik mampu meredakan nyeri otot, lho. Air yang diminum akan bergerak ke seluruh sistem dalam tubuh, sehingga mampu meredakan peradangan, membuang racun, serta menyuplai nutrisi yang dibutuhkan oleh otot. Sebaiknya konsumsi air putih minuman 2 liter setiap hari, ya.

Baca juga: Ketahui Gejala yang Ditimbulkan oleh Kejang Otot

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sejumlah langkah meredakan nyeri otot tersebut dapat dilakukan jika gangguan kesehatan terjadi dalam intensitas ringan. Namun jika nyeri disebabkan oleh cedera atau gangguan kesehatan serius, silahkan diskusikan dengan dokter untuk melakukan penanganan lebih lanjut.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Home remedies for muscle aches.
Healthline. Diakses pada 2021. The 7 Best Natural Muscle Relaxers.
Arthritis Health. Diakses pada 2021. 11 Ways to Relieve Pain Naturally.