Cara Pengobatan Penyakit Osteogenesis imperfecta

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cara Pengobatan Penyakit Osteogenesis imperfecta

Halodoc, Jakarta - Penyakit osteogenesis imperfecta (OI) merupakan masalah kesehatan yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kondisi tulang. OI ini merupakan sebuah  sebuah penyakit genetik yang langka yang membuat tulang rapuh dan mudah patah.

Yang perlu digarisbawahi, seseorang yang terlahir dengan osteogenesis imperfecta (OI), akan membawa penyakit ini seumur hidupnya. Dengan kata lain, pengidapnya berisiko tinggi untuk mengalami patah tulang berulang kali.

Baca juga: Osteogenesis imperfecta, Penyakit yang Bikin Tulang Mr Glass Mudah Patah

Sampai saat ini belum ada angka pasti mengenai jumlah pengidap osteogenesis imperfecta. Namun, kita-kira angka kejadian OI di dunia adalah 1:20.000 kelahiran hidup dan tak memandang jenis kelamin.

Lalu, bagaimana sih metode untuk mengobati penyakit osteogenesis imperfecta?

Kenali Jenis-Jenisnya

Sebelum mengetahui metode pengobatan penyakit osteogenesis imperfecta, tak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis dari penyakit ini. Masalah tulang yang satu ini terbagi menjadi empat tipe, dan ditandai dengan frekuensi keretakan dan keparah kondisi.

  • OI Tipe I. Jenis ini merupakan tipe osteogenesis imperfecta yang paling ringan dan paling banyak ditemukan. Dalam tipe I, tubuh menghasilkan kolagen yang berkualitas, tapi dalam jumlah yang rendah sehingga tulang menjadi rapuh. Anak-anak dengan OI tipe I, biasanya mengalami patah tulang akibat trauma ringan.

  • OI Tipe II. Tipe II merupakan tipe yang paling parah, bahkan mengancam jiwa. Tipe ini membuat tubuh tidak menghasilkan cukup kolagen atau menghasilkan kolagen yang berkualitas buruk. OI tipe II bisa menyebabkan kelainan bentuk tulang. Anak-anak yang terlahir dengan tipe II mungkin akan memiliki dada yang menyempit, tulang rusuk yang rusak, ataupun paru-paru yang tidak berkembang dengan sempurna.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

  • OI Tipe III. Jenis osteogenesis imperfecta ini juga cukup parah dan menyebabkan tulang mudah patah. Dalam kasus OI tipe III, tubuh menghasilkan cukup kolagen, tapi kualitasnya buruk. OI tipe III bisa menyebabkan tulang bayi mulai patah, bahkan sebelum lahir. Anak dengan jenis OI ini juga akan mengalami kelainan bentuk tulang yang mungkin memburuk saat ia bertambah besar.

  • OI Tipe IV. Osteogenesis imperfecta tipe ini memiliki gejala yang bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Sama seperti OI tipe III, OI tipe IV juga disebabkan karena tubuh menghasilkan kolagen yang berkualitas buruk. Anak dengan jenis OI ini biasanya dilahirkan dengan kaki tertekuk, meskipun kondisi ini bisa membaik seiring bertambahnya usia.

Ketahui Pengobatan Osteogenesis Imperfecta

Sayangnya, sampai saat ini belum ditemukan perawatan atau obat yang bisa menyembuhkan Osteogenesis imperfecta. Jadi, pengobatan yang dilakukan hanya bertujuan untuk menguatkan tulang yang rapuh saja. Obat yang biasanya digunakan untuk OI adalah zoledronat yang sudah bisa didapatkan di beberapa rumah sakit.

Pengidap OI yang mengalami patah tulang sebaiknya ditangani dengan cepat dan tepat karena dapat mengakibatkan masalah lain. Misalnya, perbedaan panjang tulang di lengan dan kaki yang nantinya bisa berujung pada ketimpangan. Akibatnya, pengidap tidak bisa berjalan lagi karena tulang-tulangnya telah menjadi bengkok.

Di samping itu, pengidap OI juga perlu dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekatnya agar bisa menjalani hidup dengan baik.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Fraktur Tulang

Memiliki masalah pada tulang atau  memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!