06 September 2018

Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

patah tulang, sembuh dari patah tulang

Halodoc, Jakarta - Patah tulang, terutama pada bagian kaki, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa kembali pulih. Ada yang berminggu-minggu, hingga yang berbulan-bulan. Ada berbagai faktor yang memengaruhi waktu penyembuhan.

Pertama, letak dan bentuk patahan. Tulang bagian paha (femur) misalnya, membutuhkan waktu paling lama untuk bisa tersambung kembali, dibandingkan bagian tulang lainnya. Bentuk patahan atau seberapa parah patah yang dialami juga berpengaruh terhadap lama penyembuhan.

Untuk patah tulang terbuka, di mana terdapat luka, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, karena ada kemungkinan terjadi infeksi pada bagian yang luka. Sementara pada patah tulang tertutup, di mana patah tulang yang terjadi berupa retak atau bergeser tanpa ada luka, membutuhkan waktu yang lebih singkat. Rata-rata kasus patah tulang jenis ini tidak lebih dari 4 bulan.

Kedua, usia. Terutama untuk patah tulang pada bagian alat gerak bawah, seperti panggul, paha, tungkai kaki, atau pergelangan kaki, penyembuhan sangat bergantung pada usia penderita. Jika penderita adalah anak-anak atau remaja, yang masih dalam masa pertumbuhan, proses penyembuhan akan cenderung cepat. Biasanya sekitar 3 atau 4 bulan pasca operasi.

Sementara pada orang dewasa, penyembuhan akan memakan waktu lebih lama. Sekitar 6 bulan setelah operasi. Namun, kembali lagi bergantung pada kondisi patah yang dialami.

Kapan Dinyatakan Sembuh?

Penderita patah tulang baru dinyatakan sembuh apabila tulang yang patah sudah tersambung kembali, atau setelah garis-garis patah telah hilang. Dalam hal ini, hanya dokter yang bisa menyatakan apakah penderita patah tulang sudah sembuh dan bisa kembali normal atau belum. Sebab, kasus patah tulang yang dialami setiap orang berbeda-beda.

Dalam proses penyembuhan, dokter biasanya akan menyarankan penggunaan alat bantu seperti gips, pen, dan kruk atau tongkat penyangga untuk membantu berjalan. Pada bulan ketiga, biasanya pengidap patah tulang sudah mulai bisa melangkahkan kaki perlahan. Rasa sakit dan bengkak pun sudah mulai berkurang. Namun, sebaiknya hindari dahulu berbagai aktivitas berat yang membebani kaki, seperti berdiri dan berjalan terlalu lama.

Pun pada bulan keempat dan kelima, meski kondisi sudah membaik, sebaiknya jangan dulu lakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Sebab, meski sudah dinyatakan sembuh, tulang yang patah masih rapuh. Bahkan pada beberapa kasus patah tulang yang parah, dibutuhkan waktu lebih dari setahun untuk bisa sembuh total. Pemeriksaan rutin ke dokter spesialis tulang sangat dibutuhkan, untuk melihat apakah ada infeksi atau komplikasi.

Percepat Penyembuhan dengan Asupan Kaya Vitamin D dan Kalsium

Proses penyembuhan patah tulang juga bisa dipercepat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin D, kalsium, dan protein. Selama masa penyembuhan, banyak-banyaklah konsumsi susu, yoghurt, ikan, dan sayuran-sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, soda, dan cokelat. Sebab, kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium dan mineral yang dibutuhkan untuk penyembuhan patah tulang. Bagi penderita yang biasa mengonsumsi alkohol dan merokok, disarankan juga untuk mulai menguranginya, karena juga dapat menghambat proses penyembuhan.

Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter tentang proses penyembuhan patah tulang, melalui fitur Chat atau Voice/Video Call dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Pastikan kamu sudah men-download aplikasi Halodoc ya, karena ada fitur untuk memesan obat secara online, kapan saja dan di mana saja.

Baca juga: