• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah COVID-19, Ini Pentingnya Vaksin Flu untuk Lansia

Cegah COVID-19, Ini Pentingnya Vaksin Flu untuk Lansia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Di masa pandemi COVID-19, setiap orang perlu mencegah dan mengurangi penyebaran penyakit pernapasan seperti flu, termasuk flu musiman saat masuk musim hujan. Sementara itu, vaksin virus corona belum selesai dalam masa uji coba, ada baiknya untuk membentengi diri dengan vaksin flu khususnya untuk lansia. 

Vaksin flu penting untuk orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas (lansia), mengingat lansia adalah kelompok orang yang dikhawatirkan rentan terhadap penyakit pernapasan, flu dan virus corona. Selain itu, untuk melindungi kesehatan dari virus corona, ikuti protokol kesehatan selama berkegiatan. 

Baca juga: Intip 3 Cara Tepat Redakan Flu

Pentingnya Vaksin Flu untuk Lansia

Pandemi COVID-19 membuat Centers of Diseases Control and Prevention (CDC) merekomendasikan setiap orang untuk mendapatkan vaksin flu sebelum akhir Oktober 2020. Meski begitu, masih banyak orang dewasa dan lansia yang meragukan perlunya vaksin flu untuk melawan influenza. 

Padahal, cara terbaik untuk melindungi lansia dari flu dan komplikasi yang berpotensi serius, termasuk virus COVID-19, yaitu vaksin flu. CDC merekomendasikan, hampir setiap orang yang berusia lansia perlu mendapatkan vaksin ini. Selama virus flu dan corona beredar, vaksin ini perlu dilanjutnya sepanjang pandemi dan musim flu bahkan hingga Januari 2021 atau setelahnya. 

Vaksin flu penting untuk dilakukan, terutama untuk orang yang berusia 65 tahun ke atas, karena mereka berisiko tinggi terkena komplikasi serius akibat flu. Vaksin flu biasanya diperbarui setiap musim sesuai kebutuhan setiap negara untuk mengikuti perubahan virus. 

Selain itu, kekebalan tubuh manusia biasanya berkurang selama setahun sehingga vaksinasi tahunan diperlukan untuk memastikan perlindungan terbaik terhadap flu. Vaksin flu diperlukan untuk melindungi tubuh dari virus flu yang menurut penelitian menjadi penyakit yang umum terjadi di musim gugur, atau musim hujan di Indonesia. 

Perubahan usia berkaitan dengan perubahan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh mereka mungkin tidak menanggapi vaksinasi sebaik orang yang usianya lebih muda. Meskipun tanggapan kekebalan tubuh lansia rendah, namun studi menemukan vaksin flu efektif dalam mengurangi risiko rawat inap yang berkaitan dengan flu. 

Baca juga: 5 Mitos Vaksin Flu yang Tidak Perlu Dipercaya

Berikut ini beberapa alasan lansia perlu melakukan vaksin flu, yaitu: 

  • Lansia Berisiko Tinggi Mengalami Flu

Kini sudah memasuki musim hujan, sementara pandemi COVID-19 masih berlangsung. Lansia adalah kelompok yang rentan mengalami flu ataupun virus corona, karena sistem kekebalan tubuh mereka melemah akibat usia. Kondisi ini akan lebih rentan bagi lansia yang mengalami penyakit kronis. 

  • Flu Adalah Risiko Kesehatan yang Serius Bagi Lansia

Bagi lansia, flu bisa berkembang dengan cepat menjadi penyakit yang parah dan bisa menyebabkan kematian. CDC memperkirakan bahwa 70 - 85 persen kematian terkait flu pada lansia dan 50 - 70 persen lansia harus rawat inap.

  • Mengurangi Risiko dan Keparahan Flu

Jika seseorang yang sudah divaksin terkena flu, maka kasusnya akan lebih ringan. Lansia berisiko tinggi mengalami flu serius dan menyebabkan sebagian besar rawat inap dan kematian akibat flu setiap tahunnya. 

Nah, jadi itulah alasan lansia perlu melakukan vaksin flu. Jika memiliki rencana untuk melakukan vaksinasi, kamu bisa langsung pergi ke rumah sakit terdekat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mempermudah pemeriksaan kesehatanmu. 

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Bedanya Pilek dan Flu

Jenis Vaksin Flu untuk Lansia

Orang yang berusia 65 tahun ke atas atau lansia harus mendapatkan vaksinasi flu, tapi bukan vaksin yang disemprotkan ke hidung. Lansia harus mendapatkan vaksin flu yang disetujui untuk digunakan. Ada suntikan vaksin flu yang disetujui untuk digunakan pada lansia dan ada juga vaksin yang dirancang khusus untuk lansia:

  1. Vaksin Kuadrivalen Dosis Tinggi: Ini adalah satu-satunya vaksin flu inaktif dosis tinggi yang dilisensikan. Vaksin ini mengandung empat bahan (quadrivalent) yang disetujui untuk lansia. 
  2. Vaksin Flu Adjuvanted: Vaksin menggunakan kandungan yang dapat membantu meningkatkan respons imun tubuh jadi lebih baik. Adjuvan juga dapat mengurangi jumlah virus yang dibutuhkan untuk produksi vaksin, yang memungkinkan lebih banyak vaksin untuk diproduksi. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai pentingnya vaksin flu untuk lansia dalam rangka mencegah virus corona. Jika kamu atau anggota keluarga mengalami keluhan penyakit di musim hujan ini, segera tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu tidak perlu keluar rumah dan tinggal download aplikasinya saja, ya!

Referensi:
CDC. Diakses pada 2020. Flu & People 65 Years and Older
NCBI. Diakses pada 2020. Influenza vaccination in the elderly
Better Health While Aging. Diakses pada 2020. Flu Shots for Older Adults During COVID Times: What to Know & Do for 2020