• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Diabetes, Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Diabetes, Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman

Cegah Diabetes, Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 31 Mei 2022

“Ada beberapa cara untuk menurunkan gula darah yang aman sebagai bentuk pencegahan diabetes. Salah satunya adalah melakukan olahraga secara rutin.”

Cegah Diabetes, Ini 6 Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman

Halodoc, Jakarta – Kadar gula darah yang tinggi tentu berbahaya bagi kesehatan. Sebab, kondisi ini dapat memicu berbagai penyakit serius. Salah satunya seperti penyakit kronis diabetes yang dapat menyebabkan komplikasi fatal bagi pengidapnya. Nah, agar dapat terhindar dari diabetes, menjaga kadar gula darah tetap stabil perlu senantiasa dilakukan.

Jika saat ini kamu memiliki kadar gula darah tinggi, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menurunkannya secara aman. Kira-kira apa saja caranya? Yuk, ketahui ulasannya di sini!

Cara Menurunkan Gula Darah yang Aman

Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan gula darah yang dapat dilakukan dengan aman yang bisa kamu lakukan:

1. Berolahraga Rutin

Olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot tubuh menggunakan gula darah untuk bergerak. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah. Oleh karena itu, cobalah untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya.

2. Kelola Asupan Karbohidrat 

Karbohidrat merupakan sumber utama dari glukosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar gula darah. 

3. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Nutrisi yang satu ini terbukti dapat memperlambat penyerapan gula dan pencernaan karbohidrat. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak serat setiap harinya melalui sayuran dan buah-buahan.  

4. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air yang cukup dapat membantu kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Selain itu, minum air yang cukup juga dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula melalui urine sekaligus mencegah dehidrasi.

5. Kelola Stres dengan Baik

Tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi kadar gula darah pada tubuh. Sebab, ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut glukagon dan kortisol. Kedua hormon tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah pada tubuh.

6. Pastikan Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga berat badan yang sehat. Di sisi lain, kurang tidur berpotensi meningkatkan kadar hormon kortisol.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan guna menurunkan gula darah secara sehat dan mencegah diabetes. Mulai dari berolahraga secara rutin, hingga memastikan kalau tidurmu cukup dan berkualitas. 

Mencegah diabetes sedari dini melalui menjaga kadar gula darah tetap stabil tentunya merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Terutama bagi kamu yang berketurunan diabetes atau memiliki pola hidup kurang sehat. 

Pastikan juga untuk secara rutin memeriksakan kadar gula darahmu, ya. Nah melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa membuat janji rumah sakit untuk menjalani cek gula darah. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 14 Easy Ways to Lower Blood Sugar Levels Naturally. 
Diabetes.Uk. Diakses pada 2022. How to Bring Down High Blood Sugar Levels.