Cegah perut Kembung dengan 7 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cegah perut Kembung dengan 7 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Perut kembung adalah kondisi ketika seseorang merasa sensasi penuh pada perut hingga membuatnya tidak nyaman. Kondisi biasanya disertai dengan gejala lain, seperti bersendawa, kentut, dan perut yang tampak membesar. Pada kasus yang parah, perut kembung membuat seseorang mengalami diare, nyeri perut, berat badan menurun, nyeri dada, nafsu makan berkurang, dan feses bercampur darah.

Baca Juga: Inilah 5 Mitos Perut Kembung yang Perlu Diluruskan

Cara Mencegah Perut Kembung

Kamu nggak boleh menganggap sepele perut kembung. Sebab pada kasus yang parah, perut kembung bisa menjadi tanda penyakit Crohn, divertikulitis, kanker lambung, kanker usus besar, kanker hati, kanker pankreas, kanker rahim, kanker ovarium, dan penyakit radang panggul. Lantas, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perut kembung? Tentu ada, berikut ini di antaranya:

1. Kurangi Makanan Berserat Tinggi

Serat dikenal sebagai zat yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah (glukosa), sehingga membantu mengendalikan rasa lapar. Jika kamu terlalu banyak konsumsi makanan berserat, tubuh memproduksi gas lebih banyak dan membuat perut terasa penuh (kembung). Makanan berserat tinggi antara lain beras merah, oatmeal, kacang-kacangan, bayam, brokoli, apel, dan jeruk.

2. Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Selain menambah berat badan, makanan berlemak tinggi (seperti gorengan) bisa memicu perut kembung. Pasalnya, lemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh, sehingga membuat seseorang rentan mengalami perut kembung.

3. Makan Secara Perlahan

Menurut studi dari American Journal of Clinical Nutrition, mengunyah makanan lebih lama mampu mengurangi risiko perut kembung dan begah. Ketika kamu mengunyah lebih lama, udara yang tertelan bersama makanan akan berkurang.

Bagaimana jika makan terlalu cepat? Kinerja sistem pencernaan menjadi kurang maksimal, sehingga lambung harus bekerja lebih ekstra. Makan terlalu cepat bisa meningkatkan jumlah udara yang ditelan, menyebabkan produksi gas berlebih di dalam saluran pernapasan.

Baca Juga: 5 Makanan Penyebab Perut Kembung

4. Batasi Konsumsi Minuman Berkarbonasi

Alasannya karena minuman berkarbonasi membuat gas karbon dioksida menumpuk di saluran pencernaan, menyebabkan perut kembung. Risiko perut kembung meningkat jika kamu meminumnya dengan cepat.

5. Hindari Mengunyah Permen Karet

Kebiasaan mengunyah permen karet membuat kamu menelan lebih banyak udara. Hasilnya, udara menjadi menumpuk di saluran pencernaan dan menyebabkan perut kembung.

6. Hindari Bicara Sambil Makan

Selain masalah etika, berbicara sambil makan meningkatkan peluang tertelannya udara ke saluran pencernaan. Jika dibiasakan, makan sambil berbicara memicu penumpukan udara di saluran pencernaan dan menyebabkan perut kembung.

7. Olahraga Ringan Setelah Makan

Misalnya, jalan kaki atau sekadar peregangan tubuh. Tidak perlu berlebihan, cukup lakukan beberapa menit setelah makan dengan gerakan ringan. Hal ini membantu mengurangi gejala perut kembung yang berisiko muncul setelah makan berlebihan.

Baca Juga: Ketahui Cara Tepat Atasi Perut Kembung

Itulah cara mencegah perut kembung yang bisa dicoba. Kalau perut mendadak kembung dan disertai gejala fisik lain yang mengganggu, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter ahli untuk mengetahui penyebabnya. Tanpa harus antre, sekarang kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter dengan download aplikasi Halodoc.